website statistics
30.4 C
Indonesia
Mon, 22 July 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

30.4 C
Indonesia
Monday, 22 July 2024 | 17:43:47 WIB

11 Warga Jatim Terlantar di NTT, K2S, TTB, dan Dinsos Sigap Memberikan Bantuan

Kupang, NTT | detikNews –  Sebanyak 11 orang pekerja dari Tulungagung dan Trenggalek, Jawa Timur, saat ini terdampar di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Mereka sebelumnya berangkat untuk bekerja di sebuah proyek pembangunan di Timor Leste, Senin (8/7/2024)

Kesebelas orang tersebut awalnya berangkat dengan dokumen imigrasi sah berupa paspor untuk bekerja sebagai buruh bangunan di Timor Leste. Namun, setelah bekerja selama dua minggu, perusahaan konstruksi yang mempekerjakan mereka tiba-tiba memberhentikan mereka tanpa alasan yang jelas. Para pekerja ini juga tidak menerima upah yang menjadi hak mereka setelah bekerja selama dua minggu.

Baca juga:  HIMAPAUDI Aceh Besar Menyerahkan Donasi Aceh untuk Turki di Kantor Forum PRB Aceh

Para pekerja ini kemudian kembali ke wilayah Indonesia melalui perbatasan di Atambua. Di sana, mereka ditelantarkan hingga akhirnya ditemukan oleh anggota Kontak Kerukunan Sosial (K2S) Atambua yang kemudian berkoordinasi dengan K2S Kota Kupang. Informasi ini selanjutnya diteruskan ke Paguyuban Tulungagung Trenggalek Bersatu (TTB) di Kupang.

Ketua Paguyuban TTB, Khoiri, menjelaskan kepada detikNews.co.id bahwa pihaknya segera menggalang dukungan dan donasi dari anggota TTB untuk membantu para pekerja yang terlantar tersebut.

Baca juga:  Pemkot Surabaya Melalui Kelurahan Sawunggaling Salurkan DBHCT Untuk Program Padat Karya Potong Rambut

“Kami merasa terpanggil untuk membantu mereka karena mereka adalah bagian dari saudara-saudara kami meskipun tidak sedarah,” ungkap Khoiri.

Khoiri juga menyampaikan terima kasih kepada K2S Kota Kupang, Dinas Sosial NTT, dan Dinas Sosial Tulungagung yang telah berkomunikasi untuk membantu memfasilitasi kepulangan kesebelas orang tersebut.

Sementara menunggu kepulangan mereka, para pekerja tersebut ditampung di rumah singgah milik Dinsos NTT di kawasan TMP Dharma Loka, Pasir Panjang, Kota Kupang.

Baca juga:  Maknai HUT RI ke-78, Simak Keseruan Touring Merdeka 2023

Khoiri juga menambahkan bahwa TTB memberikan bantuan kebutuhan makan, minum, dan kebutuhan lainnya selama para pekerja tinggal di rumah singgah tersebut. Salah satu pekerja juga menyampaikan rasa terima kasih kepada TTB, K2S Kota Kupang, Dinsos NTT, dan Dinsos Tulungagung serta semua pihak yang telah membantu mereka.

Pihak terkait saat ini sedang berupaya untuk menyediakan tiket kapal bagi para pekerja tersebut agar bisa pulang ke kampung halaman mereka. (Ariffin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait