website statistics
23.4 C
Indonesia
Fri, 26 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Friday, 26 April 2024 | 0:20:35 WIB

135 Sapi di Dua Kecamatan Kota Depok di Suntik Vaksin PMK

Depok | detikNews – Jelang Hari Raya Idul Adha 1443H, pencegahan penyebaran Penyakit mulut dan Kuku (PMK) di Kota Depok makin diperketat. Sedikitnya 135 ekor ternak sapi telah disuntik vaksin PMK. Tak hanya sapi Pedaging atau potong, sapi perah juga mendapatkan Vaksinasi tersebut.

“Per tanggal 26 Juni 2022, Vaksinasi PMK untuk hewan sapi di Kota Depok sudah mulai dilaksanakan”, ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok, Widyati Riyandani, Selasa ( 28/06/2022).

Baca juga:  Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB Semmi) 2023-2026: Bersinergi dengan Pemerintah Pasca Pelantikan

Untuk pelaksanaan Vaksinasi tersebut, lanjut Widyati, sudah dilakukan di dua Kecamatan, yaitu Cimanggis dan Cipayung, dan pelaksanaan Vaksinasi di Kota Depok akan dilaksanakan sampai tanggal 29 Juni 2022 mendatang.

“Dari dua Kecamatan, Cimanggis dan Cipayung, kami sudah memvaksin sebanyak 135 ekor ternak sapi, yakni sapi perah 63 ekor dan 72 ekor sapi pedaging atau potong”, ucap Kadis DKP3.

Baca juga:  Turnamen Bulu Tangkis Meriahkan HUT ke-78 Republik Indonesia di Cipayung Depok

Widyati menjelaskan, PMK adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, bersifat akut pada ternak berkuku belah dua seperti sapi, kambing, domba, babi, dan pada tanggal 23 Juni 2022, Kota Depok telah menerima vaksin PMK sebanyak 500 dosis. Vaksin tersebut akan digunakan untuk melakukan Vaksinasi ternak di peternakan-peternakan yang ada di Kota Depok.

Baca juga:  Operasi Berhasil! Polri Gagalkan Penyelundupan 50 Kg Sabu Asal Malaysia

“Ternak yang menjadi target adalah ternak rentan terkena PMK, yang dalam kondisi sehat, dengan prioritas ternak sapi, dan pemberian Vaksin Booster kedua dan ketiga dilakukan setelah pembagian Vaksin disebar ke daerah-daerah”, tutupnya. (Emi)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait