website statistics
28.4 C
Indonesia
Wed, 28 February 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Wednesday, 28 February 2024 | 17:27:57 WIB

Konsentrasi Kikis Sampah di Kota Depok, Imun Center dan Depok Farm House Gandeng Mahasiswa UI Budidayakan Maggot

Depok | detikNews – Dalam rangka mendukung kegiatan belajar para Mahasiswa, baik dalam hal hard dan soft skill, membangun bisnis, merangsang kreativitas, serta kemampuan melihat kemungkinan dan peluang bisnis yang terafiliasi lingkungan, Imun Center bersama Depok Farm House yang beralamat di Kavling Depkes, RT3/RW17, Kelurahan Pancoran Mas, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, menggandeng Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) dalam men-sosialisasikan Budidaya Maggot, sebagai bentuk Kuliah Kerja Nyata terhadap lingkungan di Kota Depok.

Abdullah Rifai.A.Md, Ketua Umum Imun Center mengatakan, bahwa Kewirausahaan yang nantinya akan mengikis permasalahan lingkungan dalam hal ini sampah, memerlukan perencanaan yang matang dan semangat belajar kuat, karena bisnis bekerja secara dinamis dan dituntut untuk dapat mengikuti perubahan serta perkembangan zaman.

“Proses Budidaya Maggot ini dapat dijadikan sebagai wadah untuk mengupdate ilmu yang diperoleh Mahasiswa dari tiap pertemuan tatap muka di kelasnya. Disini Mahasiswa dapat langsung praktek dan dibimbing oleh para ahli dibidangnya, agar pelajaran yang didapat di kampusnya bisa diaplikasikan langsung sehingga bidang pelajaran yang dipelajari mampu menuai hasil yang signifikan”, ucap Bang Fay, Jum’at 17/06/2022.

Baca juga:  Lakukan Upaya Konservasi, FMIPA UI Bangun Rumah Apung di Muara Gembong

“Budidaya Maggot juga memiliki beberapa keuntungan bagi lingkungan, terutama pada permasalahan sampah yang sampai saat ini masih menjadi polemik yang berkepanjangan. Dengan Sumber makanan Maggot adalah sampah dapur, sampah pasar berupa sayur dan buah, kotoran ternak, dan lembah pabrik berupa ampas tahu. Maka, Maggot adalah solusi terbaik bagi permasalahan sampah di Kota Depok”, sambungnya.

Ketua Gema Keadilan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gema Keadlian ini memaparkan, bagaimana Maggot berkembangbiak, dan seluruh prosesnya sangat bermanfaat serta bisa menjadi salah satu jalan keluar brilliant bagi permasalahan sampah di Kota Depok.

Baca juga:  Inovasi Mahasiswa UPER Ciptakan Akihiko Budidaya Maggot, Sebagai Solusi Ekonomis dan Berkelanjutan Untuk Pakan Ternak

Sementara itu, Zaki Koordinator Depok Farm House selaku Staff Ahli Imun Center memaparkan, bahwa semua proses metamorfosis Maggot tersebut sangat bermanfaat dan bisa dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan.

“Fase metamorfosis Maggot terdiri dari fase telur yang kemudian berkembang menjadi ulat (Maggot). Kemudian ulat yang telah mengurai sampah organik berkembang menjadi lalat. Maggot mampu mengolah puluhan ton sampah organik dalam waktu 15 hari, dan Maggot yang siap dipanen dapat digunakan sebagai makanan untuk hewan seperti ikan dan burung”, papar Zaki.

“Maggot juga dapat digunakan sebagai pestisida alami, dengan cara digiling dan diekstraksi cairannya. Bahkan, sisa limbah penguraian Maggot pun bisa menjadi kompos organik berkualitas tinggi”, ungkapnya

Lebih lanjut Zaki mengungkapkan, bahwa jika dikembangkan dengan signifikan, maka Maggot akan mampu mengikis bahkan menghilangkan permasalahan sampah yang belum terselesaikan oleh Pemerintah Kota Depok.

Baca juga:  Terima Penghargaan Badan Kehormatan DPRD Kota Depok Award 2022, H.Imam Musanto Konsisten Khoirunnas Anfa'uhum Linnas

“Rata-rata satu gram telur lalat mengandung 36.000 butir telur. Jadi, maggot yang dihasilkan dalam jumlah besar dapat memakan banyak limbah. Dalam perhitungan kami, 10 gram telur lalat yang menetas menjadi maggot sebenarnya dapat mengurai 100 kilogram sampah organik”, imbuhnya.

“Jadi bayangkan, jika kita ingin mengurai satu ton sampah organik, kita hanya membutuhkan 100 gram telur lalat yang berkembang menjadi Maggot. Untuk itu, kami berharap adanya perhatian dan bantuan khusus dari para pemangku wilayah, untuk dapat mengembangkan Bididaya Maggot menjadi sesuai dengan tujuan utamanya yakni : menciptakan lingkungan yang bersih dan indah, menuju Kota Depok yang Maju, Berbudaya, dan Sejahtera secara bersama-sama”, pungkasnya. (Arifin)

 

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait