website statistics
21.4 C
Indonesia
Fri, 29 March 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Friday, 29 March 2024 | 7:38:16 WIB

45 Mahasiswa Asing dari Berbagai Negara Bersatu dalam Aksi Bersih Pantai Selatan Yogyakarta

Jakarta | detikNews – Puluhan Mahasiswa asing dari berbagai negara ikut ambil bagian dalam kegiatan bersih pantai di Selatan Yogyakarta pada akhir pekan lalu. Ada sekitar 45 mahasiswa asing yang turut serta membersihkan Pantai Parangkusumo Bantul Yogyakarta. Mereka berasal dari berbagai negara seperti China, Chile, Mesir, Pakistan, Sudan, Tajikistan, Thailand, Yaman, Rusia, Filipina, Zimbabwe, dan Kolombia.

Kegiatan bersih pantai tersebut diselenggarakan oleh program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan nama Beach Clean Up. Kepala Laboratorium BIPA FBSB UNY, Ari Kusmiatun, mengatakan bahwa para mahasiswa asing tidak hanya diminta untuk membersihkan sampah di pantai, tetapi juga diberikan pelatihan tentang ecobrick, yaitu cara mengolah sampah plastik agar menyerupai bentuk batu bata.

Baca juga:  Polisi Berhasil Mengamankan 4 Remaja yang Hendak Ikut Perang Sarung di Parung Panjang, Bogor

“Mahasiswa asing ini tidak sekadar kami libatkan membersihkan sampah di pantai, tetapi juga diberi pelatihan ecobrick (Mengolah sampah plastik menyerupai bentuk batu bata)”, kata Kepala Laboratorium BIPA FBSB UNY Ari Kusmiatun, Minggu 6 April 2023.

Menurut Ari, mahasiswa internasional yang dilibatkan dalam kegiatan tersebut adalah mereka yang sedang menempuh program transfer kredit, sarjana, dan master di UNY. Mereka diajak untuk berkenalan dengan masyarakat dan wilayah geografis Yogyakarta secara langsung agar dapat memperoleh pengalaman otentik.

Baca juga:  BPBD Serta DPKP Berhasil Evakuasi Sosok Mayat Perempuan Mengapung Dibawah Jembatan Wonokromo 

Kegiatan bersih pantai tersebut juga merupakan kontribusi mereka terhadap alam, terutama kawasan pantai di Yogyakarta. Para mahasiswa asing tersebut didampingi oleh mahasiswa Indonesia dan warga sekitar pantai.

Polina, salah satu mahasiswi asal Rusia, menyatakan bahwa kegiatan bersih pantai selatan Yogyakarta memberikan banyak manfaat bagi mereka, selain mengenal alam Yogyakarta lebih dekat. Mereka juga dapat belajar langsung bagaimana warga setempat mengolah limbah sampah menjadi hal yang bermanfaat.

Baca juga:  Kembali Dukung Program Pemerintah, Imun Center, Klinik Yemima Medika, Bersama Polsek Pancoran Mas Gelar Vaksin Booster Untuk Warga

“Kami bisa belajar langsung bagaimana warga di sini mengolah limbah sampah untuk hal yang bermanfaat”, ucapnya.

Sementara itu, Muhammad Aqief, mahasiswa magister asal Pakistan, menyebutkan bahwa interaksi bersama masyarakat pesisir menjadi pengalaman berharga selama kegiatan tersebut. Mereka mendapatkan edukasi penting tentang kebersihan pantai dan betapa pentingnya hal tersebut bagi masyarakat.

“Ada edukasi berharga bagi kami untuk mengetahui betapa pentingnya kebersihan pantai bagi masyarakat”, ungkapnya.(Arf)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait