website statistics
29.4 C
Indonesia
Sat, 20 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Saturday, 20 April 2024 | 15:17:16 WIB

65 Wakil Kota Bandung Siap Berjuang di Kompetisi STQH XVIII Wilayah Jabar

Bandung | detikNews – Dalam Seleksi Tilawatil Quran (STQH) ke-18 tingkat Provinsi Jawa Barat yang berlangsung selama tujuh hari ke depan mulai dari 7-13 Mei 2023, sebanyak 27 kabupaten dan kota siap bersaing untuk menjadi kafilah terbaik Jabar. Sebanyak 460 peserta akan berkompetisi di empat cabang yang dimusabaqohkan, yaitu cabang Tilawah Al-Qur’an, Hifzh Al-Qur’an, Tafsir Al-Qur’an, dan Hadis Nabi.

Para pemenang akan mewakili Jabar ke tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Provinsi Jambi. Sebagai tuan rumah, Kota Bandung mengirimkan sebanyak 65 peserta dari 22 kafilah. Rombongan peserta STQH dari Kota Bandung dipimpin oleh Asep Saeful Gufron. Dalam pelepasan Kafilah Kota Bandung STQH ke-18 tingkat Provinsi Jawa Barat, Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna, berharap Kota Bandung mendapatkan hasil terbaik dan kembali merebut predikat juara umum.

Baca juga:  Sopir Fortuner Melanggar Lalu Lintas di Rawa Buaya: "Maki-maki dan Hampir Tabrak Polisi, Insiden yang Tidak Boleh Ditiru"

Ketua LPTQ Jabar, Dedi Supardi, menjelaskan bahwa tujuan diselenggarakannya STQH adalah untuk membumikan nilai-nilai Al-Qur’an dan hadis di Jabar, sehingga dapat melahirkan generasi milenial Al-Qur’an dan meningkatkan pemahaman nilai Al-Qur’an dan hadis. STQH menjadi salah satu upaya untuk menunjukkan keseimbangan hidup.

“Semoga bisa melahirkan generasi milenial Al-Qur’an dan meningkatkan pemahaman nilai Al-Qur’an dan hadis,” ucap Dedi, Senin (08/05/2023)

Baca juga:  Disnaker Kota Depok Buka Posko Pengaduan Pencairan THR Bagi Pekerja dan Buruh

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Jabar, Ajam Mustajam, menyampaikan bahwa tantangan umat saat ini berkaitan dengan keseimbangan, toleransi, dan keberagaman dalam nilai-nilai agama. Al-Qur’an dan hadis mengajarkan aspek keseimbangan nilai-nilai tersebut. Oleh karena itu, kegiatan STQH ini diharapkan juga bisa menjadi salah satu sumber ukhuwah Islamiyyah yang membawa Jabar menjadi juara.

Baca juga:  Kepadatan Lalu Lintas Parah Malam Ini di Jalan Gatot Subroto Arah Semanggi dan Ruas Tol Dalam Kota

“Al-Qur’an dan hadis mengajarkan aspek keseimbangan nilai-nilai tersebut. STQH menjadi salah satu upaya untuk menunjukkan keseimbangan hidup,” tutur Ajam

Dalam kompetisi ini, setiap kafilah dituntut untuk memiliki mental dan strategi yang yakin serta memiliki potensi dan metode yang baik untuk menghadapi perlombaan nanti. Semoga dengan diselenggarakannya STQH ke-18 tingkat Provinsi Jawa Barat ini, dapat terus memperkuat semangat untuk membumikan nilai-nilai Al-Qur’an dan hadis di Jabar. (DN)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait