website statistics
30.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

30.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 11:46:33 WIB

7 Anak di Depok Alami Gagal Ginjal Akut, Dinkes Imbau Orang Tua Agar Waspada

Depok | detikNews – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, meminta warga untuk mewaspadai penyakit gangguan gagal ginjal akut misterius yang kini banyak diderita oleh anak-anak.

Dinkes Kota Depok mencatat, terdapat sebanyak tujuh anak yang mengalami kasus gagal ginjal akut selama tahun 2022. Empat anak di antaranya meninggal dunia, dua anak masih dalam perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, dan satu sudah dinyatakan sembuh.

Baca juga:  Hujan Itensitas Tinggi, Akibatkan Pengendara Motor Tertimpa Ranting Pohon Di Ciawi Bogor

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, untuk meningkatkan kewaspadaan tersebut, orang tua perlu mengenal beberapa gejala gagal ginjal akut pada anak.

“Perhatikan jumlah frekuensi buang air kecil, hingga tidak buang air kecil sama sekali dan warna urine berubah menjadi coklat”, tuturnya, Rabu 26/10/22.

“Gejala lainnya yang timbul yaitu : demam, batuk, pilek pada anak usia 0-18 tahun. Kemudian, infeksi saluran cerna seperti mual dan muntah”, lanjutnya.

Baca juga:  Kota Depok Meraih Penghargaan Prestisius atas Keberhasilan Proyek Pilot Dashboard E-Monev KTR

Lebih jauh dikatakannya, gagal ginjal akut pada anak disebut juga ‘Acute Kidney Injury’ (AKI). Gangguan penyakit tersebut menyebabkan terjadinya penurunan secara tiba-tiba pada fungsi ginjal

“Jika mengalami gejala tersebut segera membawa anak ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) guna mendapatkan penanganan lebih lanjut. Kemudian, pastikan anak mendapatkan cairan yang cukup selama sakit”, Imbaunya. (Emy)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait