website statistics
21.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 5:10:43 WIB

 7 Tahun Beroperasi, Penjual Miras Akhirnya Ditangkap Polisi di Candi Sidoarjo dengan Barang Bukti 1000 Liter Ciu

Sidoarjo | detikNews – Sebuah gudang minuman keras (miras) jenis ciu Bekonang di Desa Sugihwaras, Kecamatan Candi, Sidoarjo  digerebek oleh petugas Satuan Reserse Kriminal Polresta Sidoarjo. Dalam penggerebekan tersebut, sekitar 1.000 liter miras ciu Bekonang yang rencananya akan diedarkan di wilayah Sidoarjo berhasil disita, dan seorang tersangka, AK (39) warga setempat, turut ditangkap, Selasa (28/03/2023)

AK ditangkap karena menjual miras tanpa izin resmi. Miras ciu Bekonang ini diproduksi di Sragen, Jawa Tengah, dan AK membeli miras tersebut dengan harga Rp 550 ribu per jerigen berkapasitas 25 liter.

Baca juga:  Pencarian Pilot Udara Susi Air yang Ditahan KKB, Dipimpin Egianus Kogoya Meluas ke Empat Kabupaten di Dataran Tinggi Papua

Setiap kali membeli, AK memesan satu truk penuh yang akan habis dalam waktu tiga hingga empat bulan. AK menjual eceran dengan harga Rp 25 ribu untuk kemasan botol 400 ml dan Rp 70 ribu untuk kemasan botol 1.500 ml. Jenis ciu Bekonang ini menjadi dagangan yang paling laris dan banyak dikonsumsi di Kecamatan Candi dan Kabupaten Sidoarjo.

Baca juga:  Karena Tersinggung, Seorang Pemuda Sempor Tega Menganiaya Temannya Dengan Golok

Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro, mengatakan bahwa AK telah menjalankan bisnis haram ini selama tujuh tahun.

Dalam penggerebekan tersebut, polisi menyita 438 botol berukuran 400 ml, 16 botol berukuran 1.500 ml, dan 32 jerigen berkapasitas 25 liter dengan total 800 liter ciu bekonang dari rumah tersebut. Semua barang bukti dan tersangka dibawa ke Polresta Sidoarjo untuk diproses lebih lanjut.

Baca juga:  Operasi Gabungan Dilaksanakan untuk Menindak Peredaran Minuman Beralkohol Ilegal di Sukabumi

Usaha ilegal ini baru terbongkar setelah seorang warga melapor ke polisi tentang aktivitas terlarang yang dilakukan di rumah tersebut. Namun, jenis miras lainnya seperti arak Bali, atau yang biasa disebut arbal, masih banyak beredar di wilayah Sidoarjo. Polisi memperingatkan masyarakat untuk tidak mengonsumsi miras ilegal karena bisa membahayakan kesehatan dan merusak sosial di masyarakat. (okik)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait