website statistics
28.4 C
Indonesia
Mon, 4 March 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Monday, 4 March 2024 | 13:20:19 WIB

AFF U-16: Vietnam Belum Pamer Kekuatan Penuh Meski Bantai Singapura, Timnas Indonesia perlu Waspada

Reporter: Sawijan

Jakarta | detikNews.co.id – Timnas Indonesia U-16 Sebagai tuan rumah tampaknya harus mewaspadai betul ancaman Timnas Vietnam U-16 di ajang Piala AFF U-16 2022.

Pasalnya walau sudah menunjukkan start bagus, tetapi The Golden Star Warriors rupanya belum bisa mengeluarkan kemampuan maksimal.

Sabtu (31/07/22) Timnas Vietnam membuka turnamen Piala AFF U-16 2022 dengan menghadapi Singapura di Stadion Sultan Agung, Yogyakarta.

Memang sebelumnya mereka mengeluhkan kondisi lapangan yang jauh dari kata layak tetapi Timnas Vietnam U-16 tetap bisa mengunci tiga poin dari matchday pada pertama.

Sangat mengejutkan, Singapura mereka gilas dengan skor 5-1 berkat gol dari Nguyen Huu Trong, Nguyen Xuan Toan, Hoang Cong Hau, dan brace Phan Thanh Duc Thien.

Baca juga:  Ranking FIFA Piala Asia 2023 Timnas Indonesia Menempati Uritan Terakhir

Dengan hasil tersebut membuat sementara ini Vietnam berhak menempati posisi teratas klasemen Grup A Piala AFF U-16 2022.

Timnas Indonesia U-16 juga sebenarnya bisa menang dalam laga mereka sendiri melawan Filipina akan tetapi karena ‘hanya’ unggul 2-0 anak-anak asuh Bima Sakti saat ini mengekor di peringkat kedua.

Pelatih Vietnam U-16 Nguyen Quoc Tuan tentu senang dengan sukses Vietnam menang besar tetapi ia tahu jika kemampuan skuatnya lebih hebat daripada ini.

Di matchday kedua Piala AFF U-16 Grup A yang digelar pada 3 Agustus mendatang, Vietnam belum akan berhadapan dengan timnas Indonesia U-16 .

Terlebih dulu Vietnam akan menjajal Filipina. Partai yang memungkinkan besar jadi penentu juara grup baru yang akan digelar pada matchday ketiga tiga hari setelahnya.

Baca juga:  Ekspor Makanan PT BAMS Dari Banjarnegara ke Amerika: Kisah Bamsoet

Selain itu Timnas Indonesia U-16 wajib untuk menang kalau memang masih mengenggam ambisi untuk lolos ke babak gugur dan mengklaim titel juara.

Pasalnya finis sebagai runner-up di Grup A tidak akan memberi jaminan untuk melaju ke semifinal.

Pada piala AFF U-16 2022 membagi 12 negara kontestan ke dalam tiga grup sehingga hanya peringkat kedua terbaik sajalah yang berhak menemani para juara di empat besar tersebut.

Timnas Indonesia (2018) maupun Vietnam (2006, 2010, 2017) sama-sama pernah menjadi juara sehingga mereka sudah tahu apa yang harus ia lakukan.

Fans Timnas Indonesia di Piala AFF U-16 Dikritik Media Vietnam. Seperti Piala AFF U-19 lalu, gelaran Piala AFF U-16 yang bertempat di Indonesia masih belum bebas dari kritik internasional.

Baca juga:  Benarkah Timnas Argentina Disebut Sudah Diatur FIFA untuk Juara Piala Dunia 2022, Lah Kok Bisa?

Contohnya media Vietnam, Soha, yang mempertanyakan kenapa animo penonton di stadion sangat memprihatikan meski yang bertanding adalam tim tuan rumah, Timnas Indonesia U-16 memainkan laga perdana mereka di fase grup Piala AFF U-16 kala menghadapi Filipina pada Sabtu (31/07/22) lalu.

Anak asuh dari Bima Sakti bermain cukup baik usai membungkam tamunya dengan skor 2-0 berkat bunuh diri Jared Pena dan lesakan Arkhan Kaka.

sayang sekali tribun Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, yang menjadi venue tampak kosong dengan hanya ada sekitar 5000 an penonton saja yang hadir di Stadion Maguoharjo Jogjakarta.

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait