website statistics
28.4 C
Indonesia
Tue, 23 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Tuesday, 23 April 2024 | 18:45:57 WIB

Aliansi Kiansantang Pertanyakan Dana CSR

Purwakarta | detikNews – Sekda Purwakarta, Norman Nugraha didampingi Kepala Bappelitbangda, Aep Durohman, menerima kedatangan Aliansi Kiansantang di Aula Rapat Bappelitbangda, Rabu (22/02/2023).

Kedatangan puluhan Ormas dan LSM yang tergabung dalam wadah Aliansi Kiansantang tersebut untuk mempertanyakan terkait Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP).

Aliansi Kiansantang Pertanyakan Dana CSR

“Alhamdulillah sesuai dengan jadwal yang diminta kita menerima secara langsung perwakilan dari Aliansi Kiansantang”, ujar Norman.

Norman menjelaskan, dari pertemuan tersebut, ada beberapa pembahasan, diantaranya terkait TJSLP dana CSR dari perusahaan-perusahaan di Purwakarta. Mulai dari tahapan perencanaan dan lainnya.

“Persoalannya, baru kami terima tertanggal 10 Januari 2023 yang mana perubahan terakhir legal formalnya bahwa Aliansi sudah masuk, sedangkan perencanaan sampai ke pertanggungjawaban forum TJSLP akan menyelaraskan programnya di tahun 2023, terus terang kita belum sosialisasikan, dan rencananya di awal bulan Maret nanti kita sosialisasikan”, jelasnya.

Baca juga:  YBM PLN dan DPC PWRI Purwakarta Salurkan Bantuan untuk Anak Yatim di Bulan Suci Ramadhan

“Ini adalah forum yang punya tanggung jawab sosial dan nanti akan ditindak lanjuti apa yang kita harapkan selama ini”, imbuhnya.

Ditempat yang sama, H.Elan Sofyan.SE, menuturkan, bahwa kita sebagai masyarakat Purwakarta yang berlembaga, kehadiran kami Aliansi Kiansantang selain bersilaturahmi juga dari beberapa lembaga mempunyai banyak program. Dalam hal ini kami juga ingin memperlihatkan diri, adanya sosial lembaga masing – masing kepada masyarakat, untuk itu apa yang diharapkan nanti akan disampaikan oleh tiap lembaga yang ada.

“Kami yang dianggap dituakan selalu merasa tertekan adanya aspirasi atau pun adanya usulan – usulan dari rekan – rekan, untuk itu sekarang ini dalam forum kita bisa langsung sampaikan apa yang kita harapkan dengan program yang ada”, tuturnya.

Adapun dari Ketua LMP, Zakaria menyampaikan bahwa aliansi Kiansantang sudah diakui oleh masyarakat Purwakarta.

Baca juga:  Gempa Kuat dengan Magnitudo 5,8 Mengguncang Keerom, Papua pada Tanggal 3 Mei 2023

“Tolong libatkan kami”, tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Forum TJSLP Kabupaten Purwakarta, Drs.H.Entis Sutisna SH.MH.MM menjelaskan, bahwa forum ini sudah berjalan setahun lebih. Namun kinerjanya belum ada lantaran legal standingnya.

“Setelah legal standing ada, yang pertama kita akan kumpulkan teman – teman di forum sidang pertama, tujuannya untuk mengolah sepenuhnya kerja kita mau seperti apa dengan panduan dari Perbup atau yang lainnya, kami juga dalam waktu dekat akan mengumpulkan semua perusahaan. karena sumber pembiayaan kita harapkan yang kita minta itu adalah dari perusahaan melalui CSR”, ujarnya.

Dia mengungkapkan, bahwa hingga saat ini masih banyak perusahaan – perusahaan yang belum menbayar CSR, bahkan banyak yang tidak melaporkan.

“Ini fakta, silahkan dicek ke Pemerintah Daerah”, ucapnya.

Baca juga:  Belajar dari Buku tentang Krisis Hutang, Anies Baswedan Siap Menjadi Pemimpin yang Bijak untuk Pembangunan Indonesia

Untuk itu, lanjutnya, dengan dibentuknya forum ini agar dapat menertibkan atau meluruskan sumbangsih teman – teman perusahaan sebagai apa, baik secara undang – undang, hukum maupun sosial pada masyarakat, termasuk di dalamnya keterlibatan Aliansi seperti apa polanya.

“Ini yang baru kita bicarakan. Jadi tahapannya kami akan kumpul mendiskusikan bagaimana kedepan seperti apa, yang kedua kami akan mengumpulkan soal kumpulan ini dan akan di diskusikan dengan pihak – pihak terkait di internal kami”, tutupnya.

Aliansi Kiansantang Pertanyakan Dana CSR

Hadir dalam acara, Kapolsek Purwakarta Kota, AKP Subagyo SH, Sekda Pemkab Purwakarta, H. Norman Nugraha, S.Si., MM , BAPPEDA DR. Aep Durohman, S.Pd, M.Pd, Sekretaris Forum TJSLP (Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan) Kabupaten Purwakarta, Drs. H Entis Sutisna SH.MH.MM, perwakilan Kesbangpol dan Ormas/ LSM yang tergabung di Aliansi Kiansantang. (Rep/Che)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait