website statistics
23.4 C
Indonesia
Mon, 24 June 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Monday, 24 June 2024 | 22:44:23 WIB

Anggota Komisi VI DPR RI Muslim, Buka Kegiatan Literasi Kebijakan dan Program Bappebti di Lhoksukon

Lhoksukon, Aceh | detikNews – Komisi VI DPR RI Muslim, S.HI., MM membuka acara “Kebijakan dan Literasi Program Bappebti” yang diselenggarakan di Gedung Panglateh, Lhoksukon, Aceh Utara pada Minggu, 19 Maret 2023. Acara tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).

Dalam sesi pembukaan, acara tersebut dihadiri oleh Harry Prihatmoko, SE, MM mewakili Olvy Andrianita, SE, Sekretaris Bappebti Indonesia, Wakil Ketua DPRK Aceh Utara Hendra Yuliansyah, Anggota DPRK Aceh Utara T. Zulkhaidir, Kepala Dinas Perindustrian dan Dagang Aceh Utara Iskandar, S.STP., M.SP, dan beberapa ahli dari DPR RI antara lain Firdaus Noezula dan M. Mizlan Nuzuly, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Muslim menyebutkan tugas Bappebti saat ini adalah menetapkan acuan harga melalui Bursa Berjangka Komoditi di Indonesia untuk komoditas unggulan Indonesia seperti timah dan minyak sawit mentah.

Baca juga:  Murhaban Lulus Seleksi Penyuluh Award 2023 Tingkat Nasional, Cerita Inspiratif dan Profil Terungkap!

Tugas lain Bappebti Kemendag adalah melakukan pembinaan, pembinaan, dan pengawasan Sistem Resi Gudang (SRG). SRG merupakan instrumen pemberdayaan petani, dimana komoditas yang dihasilkan dapat memberikan nilai ekonomi berupa agunan yang dapat digunakan untuk memperoleh kredit dari bank dan lembaga keuangan non bank dengan bunga rendah.

Menurut Muslim, SRG bermanfaat sebagai alternatif untuk mendapatkan pembiayaan komoditas yang kompetitif. Saat ini sudah ada 20 jenis komoditas yang masuk dalam SRG, antara lain beras, jagung, kopi, kakao, karet, rumput laut, rotan, garam, kelapa, dan gula. Landasan hukum Sistem Resi Gudang adalah Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2011 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2006 tentang Sistem Resi Gudang.

Baca juga:  Bakar Semangat 117 Wisudawan Bazla Institut, Ini Yang Disampaikan Drs. Hamdani A Jalil, MA

 

Muslim juga menyebutkan bahwa Aceh sebagai salah satu provinsi yang memiliki pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan perdagangan nasional, memiliki potensi yang sangat besar di bidang pertanian seperti kelapa sawit, kopi, perikanan, dan kakao.

“Aceh sebagai salah satu provinsi yang memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap pertumbuhan ekonomi dan perdagangan nasional, memiliki potensi yang besar dalam pertanian seperti kelapa sawit, kopi, perikanan dan kakao. Sementara itu, sektor pariwisata dan industri pengolahan Aceh juga sedang berkembang pesat,” ujar Muslim

Selain itu, Aceh juga terkenal di dunia dengan kopi khas “Gayo” yang memiliki rasa yang kaya dan aroma yang harum.

“Saat ini, kopi Gayo merupakan salah satu komoditas ekspor andalan Indonesia dan telah mendapat pengakuan internasional, antara lain medali emas dalam kompetisi Specialty Coffee Association of America di dunia,” ucapnya.

Baca juga:  Berkah Ramadhan: 600 Kaum Dhuafa Terima Santunan Dari H. Mansur Arongan Lhoksukon

Sebagai anggota DPR RI, Muslim dan pemerintah melalui Kementerian Perdagangan dan Kementerian/Lembaga terkait telah melakukan berbagai upaya untuk mendorong implementasi SRG secara nasional.

Upaya tersebut antara lain membangun infrastruktur pergudangan, menyediakan fasilitas komoditas yang disimpan di gudang SRG, menyediakan sistem informasi untuk mendukung digitalisasi sistem perdagangan, memberikan pelatihan soft skill untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalisme pemangku kepentingan SRG, serta memperluas akses pasar dan pembiayaan produk yang diproduksi oleh gudang SRG, baik secara lokal maupun global.

Terakhir, Muslim mengucapkan semoga sukses kepada seluruh peserta dalam mengikuti acara “Kebijakan dan Literasi Program Bappebti” ini dan berharap literasi tersebut dapat memberikan gambaran yang komprehensif tentang kebijakan dan program yang dilaksanakan oleh Bappebti. (Murhaban)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait