website statistics
26.8 C
Indonesia
Fri, 19 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.8 C
Indonesia
Friday, 19 April 2024 | 16:35:23 WIB

Anies Baswedan Unggul di Atas Prabowo dan Ganjar Pranowo dalam Survei Elektabilitas Terbaru

Jakarta | detikNews – Menurut hasil survei terbaru yang dilakukan oleh Indonesia Political Opinion (IPO), elektabilitas Anies Baswedan unggul di atas Ketum Gerindra, Prabowo Subianto, dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mengusung Anies sebagai Calon Presiden untuk Pemilu 2024 merasa bersyukur dengan hasil survei tersebut.

Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera mengungkapkan rasa syukurnya atas hasil survei tersebut. Dia mengatakan bahwa survei selalu menjadi cermin dan cambuk bagi PKS. Meskipun elektabilitas Anies meningkat, Mardani menekankan, bahwa perjalanan masih panjang untuk mewujudkan Indonesia maju. PKS akan terus bekerjasama dengan partai politik pendukung Anies untuk menyiapkan roadmap menuju Indonesia maju, dengan target pertumbuhan ekonomi dan harmoni sosial di semua lapisan masyarakat.

Baca juga:  Respon Keluhan Warga, Karang Taruna Mampang Minta Stop Pemasangan Tiang dan Cabut Tiang Internet Yang Telah Terpasang Karena Berpotensi Merugikan Warga

“Pertama syukur Alhamdulillah”, ungkap Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera saat dihubungi, Sabtu (11/3/2023).

“Survei selalu jadi cermin dan cambuk. Cermin bahwa kerja kita diterima publik dan cambuk untuk bekerja keras. Kedua, perjalanan masih panjang. PKS terus bekerja dengan parpol lain pendukung Mas Anies utk menyiapkan roadmap menuju Indonesia maju. Target pertumbuhan ekonomi dan harmoni sosial di semua lapisan masyarakat”, ucapnya.

“Ketiga, edukasi publik mesti terus dijalankan, dan dengan kerja sistematis dan menguatkan kolaborasi bersama masyarakat”, lanjutnya

Survei IPO dilakukan pada 1-7 Maret 2023 dengan jumlah sampel responden sebanyak 1.200. Metode yang digunakan adalah teknik Multistage Random Sampling (MRS) atau pengambilan sampel bertingkat, dengan margin of error sebesar 2,90 persen dan tingkat akurasi data sebesar 95 persen.

Baca juga:  Perkuat Koordinasi, Calon Pengurus DPD SWI Kabupaten Wonosobo Sambangi Kapolres

Hasil survei menempatkan Anies Baswedan di urutan teratas dengan 31,6% suara responden, diikuti oleh Ganjar Pranowo dengan 24,9%, dan Prabowo Subianto dengan 21,1%. Dalam pengerucutan 5 nama dan 3 nama, Anies tetap unggul.

Sementara itu, nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono keluar sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) favorit versi survei IPO dengan tingkat pemilihan 19,5%. Posisi selanjutnya ditempati oleh Ridwan Kamil dengan 17,2%, Sandiaga Uno dengan 11,7%, Erick Thohir dengan 9,5%, dan Andika Perkasa dengan 3,7%.

Baca juga:  Dukungan PPP Terhadap Ganjar Pranowo: Kelompok Koalisi Mengakui Kemungkinan Paslon yang Berbeda

IPO juga melakukan simulasi pasangan Capres dan Cawapres 2024 dalam tiga formasi. Pasangan Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono keluar sebagai pemenang dengan tingkat keterpilihan 39,1%. Disusul oleh pasangan Ganjar Pranowo-Airlangga Hartanto dengan 28,9% dan Prabowo Subianto-Puan Maharani dengan 21,6%.

Secara keseluruhan, hasil survei terbaru IPO menunjukkan bahwa Anies Baswedan memiliki elektabilitas yang tinggi di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, PKS menyadari bahwa masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mewujudkan visi Indonesia maju. PKS berkomitmen untuk terus bekerja keras dengan partai politik pendukung Anies dalam menyusun roadmap menuju Indonesia maju yang inklusif dan berkeadilan bagi semua lapisan masyarakat.(Arf)

 

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait