website statistics
23.4 C
Indonesia
Sun, 21 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Sunday, 21 April 2024 | 2:15:08 WIB

Antara Destinasi dan Harmoni Alam

Pemalang | detikNews.co.id – Pembangunan suatu tempat wisata diperlukan guna pemenuhan akan kebutuhan hiburan warga, dimana disamping prinsip kesehatan, adanya destinasi wisata membuat beberapa nilai positif bagi warga.

Keuntungan dari pemasukan para pengunjung, menghidupkan para pelaku usaha, makanan, transportasi, serta tak luput, membuka lahan pekerjaan bagi warga setempat.

Akan tetapi sebuah konsep pembangunan tempat pariwisata, ketika tanpa menghitung dampak ekosistem alam disekitarnya, adalah suatu langkah tidak bijaksana.

Baca juga:  Bupati Azwardi Serahkan 10 Unit Rumah dan 283 Paket Sembako untuk Petugas Kebersihan Aceh Utara

Seperti pembangunan Benowo Park Desa Penggarit, Kecamatan Taman, Pemalang Jawa Tengah, tempat wisata yang sudah di buka sejak tiga tahun lalu, sejak adanya pembangunan tempat wisata tersebut, menurut Suherman warga asli Penggarit, keadaan alamnya jadi rusak, oksigen jadi berkurang, karena banyaknya pohon- pohon besar yang di tebang, tanpa menyiapkan pohon pengganti.

Baca juga:  Transisi Kepemimpinan Disrumkim Kota Depok, Mengenang Capaian dan Menyambut Tantangan yang Baru

Masih menurut suherman, Benowo park dulu nya adalah hutan belantara yang memiki kekayaan alam seperti belantara rimba kalimantan,dimana kicauan aneka burung bersahutan , melantukan ritme simphony alam,dengan adanya pembangunan destinasi tersebut.

Suherman berharap monyet – monyet yang berhamburan keluar dari hutan, karena kelaparan, merebut makanan, dari para pedagang kuliner dan pengunjung, jangan dijadikan sebuah hiburan, akan tetapi sebuah keprihatinan betapa para monyet itu, keluar dari sarangnya karena tidak ada stok makanan dihutan, lagi – lagi akibat konservasi alam tanpa perhitungan, serta pengadaan destimasi tidak berprinsip ‘HAMEMAYU HAYUNING BAWANA’ ( melestarikan Bumi dan isi nya ). (Ragil74)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait