website statistics
23.4 C
Indonesia
Sat, 20 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Saturday, 20 April 2024 | 6:34:21 WIB

Antisipasi Penyalahgunaan Media Digital Serta Menjaga Keamanan Data, RTIK Langsa selengarakan Seminar Literasi Digital

Reporter : Muhammad siar

Langsa | detikNews – Antisipasi Dampak Negatif Media Digital, Sosial Media dan Serta Menjaga keamanan data Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Langsa selenggarakan Seminar Literasi Digital di Aula Fakultas Teknik Universitas Samudra, Kota Langsa. Kamis, 15 September 2022, yang dihadiri dari berbagai kalangan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kadis Kominfo) Kota Langsa, M Husin S.Sos., MM dalam sambutannya mengatakan, kami menyambut baik kehadiran Relawan TIK ini dan teman-teman harus hadir sebagai pemateri untuk menyampaikan Literasi Digital di seluruh Langsa dan kegiatan seperti saat ini dapat dilaksanakan kembali dengan jumlah yang lebih banyak dan merata.

Baca juga:  Civitas Akademika UDINUS Ciptakan Becak Listrik Otonom untuk Jelajahi Kota Lama Semarang

Di tempat yang sama Ketua Relawan TIK Kota Langsa Munawir SST., M.T dalam sambutannya mengatakan, bahwa RTIK Kota Langsa siap membantu dan berkolaborasi dengan berbagai kalangan termasuk pemerintah dalam menguatkan TIK di daerah khususnya dengan Dinas Kominfo Kota Langsa dalam mewujudkan dan penguatan program smart city di Kota Langsa.

“Serta kami siap memberikan pelatihan dan pendampingan IT bagi UMKM hal itu disampaikan kepada peserta yang dihadiri oleh berbagai kalangan . Dalam penyampaian materi literasi digital, peserta diingatkan untuk hati-hati dalam menggunakan media digital dan harus beretika dan bertanggung jawab serta melakukan pengecekan terhadap informasi yang didapat sebelum disebarluaskan. Serta tidak merugikan orang lain dan hindari ujaran kebencian di media sosial hal ini supaya tidak melanggar UU ITE.

Baca juga:  Ini Cara Mengatasi Masalah Unduhan Gambar di WhatsApp dengan Langkah-Langkah Praktis

Fakhrullah Maulana Ketua Relawan TIK Aceh saat memberi pemaparan Aman Bermedia Digital mengatakan, peran teknologi saat ini tidak dapat dihindari maka yang perlu dipahami adalah bagaimana setiap masyarakat bisa aman berdigital. Paparan dan bahan bacaan publik bisa di unduh gratis dari literasidigital.id

Turut hadir tamu undangan, Kepala Diskominfo dan Kabid Diskominfo Kota Langsa, M. Husin, S.Sos, MMm Dekan Fakultas Teknik Dr. Mastura, M.Si, Koordinator Prodi Informatika dan para Dosen Informatika Universitas serta peserta seminar dari kalangan umum dan mahasiswa.

Baca juga:  Pemkot Depok Kolaborasi dengan UPN Veteran Jakarta untuk Mengembangkan Platform Cloud Kitchen bagi UMKM Kuliner di Era Digital

Harapan penyelenggara atas kegiatan yang diinisiasi oleh teman teman RTIK Kota Langsa yang didukung oleh Kementerian Kominfo ini dapat dilanjutkan oleh seluruh pemangku kepentingan khususnya kota Langsa untuk berkoloborasi dalam penguatan TIK.(Mr)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait