website statistics
21.4 C
Indonesia
Fri, 19 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Friday, 19 April 2024 | 7:08:00 WIB

Antrean Panjang di Pelabuhan Merak saat Mudik 2023, Kemenhub Prediksi: Lebih dari 42 Ribu Kendaraan yang Akan Memadati.

Banten | detikNews – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memproyeksikan bahwa saat puncak mudik lebaran tahun 2023, sebanyak 42 ribu kendaraan diperkirakan akan memadati Pelabuhan Merak, Banten. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan dengan puncak arus kendaraan pada H-3 lebaran tahun 2022 yang mencapai 37 ribu kendaraan.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menegaskan bahwa volume to capacity ratio (V/C Ratio) atau perbandingan antara jumlah penumpang dan kendaraan dengan kapasitas pelabuhan harus terkendali dan kurang dari 0,8.

Budi Karya menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan sejumlah simulasi rutin untuk memastikan target tersebut tercapai, ujarnya, Sabtu, 11/03/2023.

Baca juga:  Antusiasme Sopir Truk Menuju Pelabuhan Merak Sebelum Pembatasan Kendaraan Mulai Berlaku

Untuk mengatasi lonjakan pergerakan penumpang dan kendaraan, lanjut Budi Karya, Kemenhub telah menyiapkan beberapa langkah.

Pertama, pihaknya akan menambah dermaga alternatif untuk memecah kepadatan di tujuh dermaga yang ada di Merak. Budi Karya mengungkapkan bahwa Kemenhub telah menyiapkan lima dermaga di Pelabuhan Ciwandan dan satu dermaga di Pelabuhan Indah Kiat, Banten.

Kedua, Kemenhub akan mengimbau masyarakat untuk membeli tiket secara daring (online) minimal satu hari sebelum keberangkatan untuk mengelola jumlah penumpang dan kendaraan yang melintas dalam satu waktu tertentu.

Baca juga:  Peran Penting Anggota Linmas dalam Pengamanan Pemilu 2024 di Kota Bandung

Langkah ketiga adalah menyiapkan buffer zone atau tempat pengendapan kendaraan yang sedang dibangun di tol arah Merak KM 97. Tempat ini berfungsi sebagai tempat istirahat dan screening untuk memastikan penumpang sudah memiliki tiket. Karena pada tahun ini, masyarakat tidak bisa lagi membeli tiket langsung di pelabuhan.

Budi Karya menambahkan bahwa Kemenhub juga akan menambah jumlah kapal, mempercepat bongkar muat, menambah rest area, dan mengelola ticketing. Pihaknya secara reguler akan mengecek perkembangan ini.

Baca juga:  Polda Metro Sosialisasikan Kejahatan Siber dengan Modus Baru Melalui Undangan Aplikasi

Catatan kumparan.com, Pada tahun 2022, terjadi lonjakan antrean kendaraan di Pelabuhan Merak pada puncak mudik lebaran. Antrean dipenuhi oleh kendaraan roda dua yang jumlahnya naik 22.237 persen dari H-3 Lebaran tahun 2021.

ASDP mencatatkan total penumpang harian di Pelabuhan Merak pada H-3 lebaran tahun 2022 mencapai 155.812 orang, di mana mayoritas penumpang menggunakan kendaraan sebanyak 143.082 orang.

Total kendaraan mencapai 37.692, di mana kendaraan roda dua sebanyak 18.540 kendaraan, roda empat sebanyak 17.452, bus sebanyak 767 dan truk 993 kendaraan. (EDH)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait