website statistics
23.4 C
Indonesia
Fri, 29 March 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Friday, 29 March 2024 | 16:08:39 WIB

Apresiasi Penutupan Gebyar HUT RI ke-77 MUI Kecamatan Panmas, H.Imam Musanto Harapkan Para Ulama Semakin Kompak Membimbing Masyarakat

Depok | detikNews – Hadiri acara penutupan Gebyar HUT RI ke-77 yang digelar Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok di Pondok Pesantren Al-Hidayah, Jalan Raya Keadilan No.65, Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, H.Imam Musanto.S.Pd.MM anggota DPRD Komisi D Fraksi PKS berharap para Ulama yang terwadah didalam MUI bisa semakin sehat, kompak, dan dalam membimbing umat masyarakat Kota Depok, khususnya diwilayah Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok.

Berbagai macam kegiatan perlombaan olah raga yang digelar MUI Kecamatan Pancoran Mas ini, mulai dari Futsal, Tennis Meja, Catur, dan Bola Volley, dan ditutup dengan acara lomba menghias Nasi Tumpeng, berjalan dengan sangat meriah.

Turut hadir dalam acara tersebut, H.Moh. Hafid Nasir.Dipl.Ing anggota DPRD Kota Depok F-PKS, Ketua KONI Kota Depok Herry Suprianto, Sekum MUI Kota Depok H.Kostia Permana.SE, Tajudin SH (Lurah Rangkapan Jaya Baru), Ustadz Thoharuddin,S.Ag Sekretaris MUI Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Camat Pancoran Mas Syaiful Hidayat.S.Pd.M.Si, bersama para jajaran Ulama MUI Kelurahan yang ada di Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok.

Baca juga:  Resmi Menang Pilpres 2024, Prabowo Subianto: Terima Kasih Pak Jokowi

Dalam sambutannya H.Imam Musanto,S.Pd.MM mengatakan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar MUI Kecamatan Panmas tersebut, dan siap terus bersinergi dalam melayani umat.

“Alhamdulillah, saya sangat mengapresiasi kegiatan perlombaan ini. Selamat kepada jajaran MUI Kecamatan Panmas yang telah sukses menggelar acara Gebyar HUT RI ke-77 ini, semoga kedepannya bisa terus berkembang dan semakin solid lagi”, ucap Bang Imun, Minggu 4/9/2022.

“MUI adalah unsur vital pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), dalam pelaksanaan regulasi birokrasi pemerintah untuk menata rencana pembangunan para penyelenggara negara, baik tingkat daerah maupun pusat. Para Ulama punya andil terbesar, dan menjadi tolok ukur keberhasilan pemerintah dalam membuat keadaan negara menjadi kondusif, aman, dan terkendali”, sambungnya.

Kabid Pembinaan Umat DPD PKS Kota Depok ini menilai, bahwa peran serta ulama dalam pembangunan negara, tidak bisa dianggap sebelah mata. Karena tanpa adanya kontribusi aktif para Ulama tidak akan mungkin bisa tercipta sebuah bangsa.

Baca juga:  Konsentrasi pada Pembenahan Infrastruktur Antisipasi Bencana Banjir, H.Imam Musanto Perbaiki 10 Drainase yang Ada di Kelurahan Pancoran Mas

“MUI adalah wadah bagi para Ulama, yang memegang peran penting dalam kehidupan umat, mulai dari tempat bertanya tentang ajaran agama sampai kepada menyelesaikan problem masyarakat dalam ruang lingkup yang lebih luas. Ulama adalah figur-figur yang diidealisasikan oleh umat. Mereka adalah patron sosial, sosok yang diidealisasikan oleh kehidupan kultural”, ungkap Bang Imun.

“Sebagai sebuah wadah para ulama dan cendeki- awan Muslim yang berasal dari ormas dan kelembagaan Islam, MUI selama ini telah diakui sebagai representasi umat Islam, yang mempunyai otoritas memberikan fatwa dan pertimbangan kepada pemerintah atau negara dalam hal-hal yang terkait dengan agama dan umat. Jadi, keberadaan MUI sangatlah menjadi pilar penting penunjang demokrasi bangsa”, imbuhnya.

Bang Imun menambahkan, sebagai pengawal bagi penganut agama Islam, pemberi edukasi dan pembimbing bagi penganut agama Islam. MUI adalah penjaring kader-kader yang lebih baik, sebagai pemberi solusi bagi masalah keagamaan di dunia internasional. Untuk itu, dirinya berharap agar MUI bersama pihak Pemkot Depok bisa terus menjalin kerjasama yang solid dalam mewujudkan kondisi masyarakat Kota Depok yang Maju, Berbudaya, dan Sejahtera bersama.

Baca juga:  Pemkot Bogor Siap Mengembangkan Kawasan Empang Menjadi Arabian Town

“Dalam sistem hukum ketatanegaraan di Indonesia, posisi atau kedudukan fatwa MUI hanya merupakan sebagai hukum aspiratif yang mempunyai kekuatan konstruktif secara moral bagi komunitas yang mempunyai aspirasi untuk mengamalkannya. Namun fatwa tersebut tidak dapat dijadikan alat paksa bagi kelompok lain yang berbeda”, tambahnya.

“Untuk itu, kerjasama yang intens antara MUI dan Pemerintah Kota Depok sangat diperlukan, dalam upaya mewujudkan pelayanan-pelayanan terbaik bagi kelangsungan hidup masyarakat Kota Depok. Selamat dan sukses kepada MUI Kecamatan Pancoran Mas atas kegiatannya di tahun ini, semoga MUI semakin kompak dan solid menuju masa depan yang semakin baik”, pungkas Bang Imun.(Arifin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait