website statistics
22.4 C
Indonesia
Fri, 19 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Friday, 19 April 2024 | 0:31:08 WIB

Bangun Kerjasama Pendidikan Jurnalistik, DPC AJWI Bersama Disdik Kabupaten Bogor : Perlunya Pendidikan Jurnalis Untuk Siswa SLTP – SLTA

Bogor | detikNews – Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Aliansi Jurnalis Warga Indonesia (DPC AJWI) Kabupaten Bogor gelar pertemuan audiensi dengan jajaran Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor yang diterima oleh Sekretaris Dinas (Sekdis) dan beberapa Kepala Bidang (Kabid) beserta Kepala Seksi (Kasi) dilingkungan Disdik Kabupaten Bogor.

Dalam audiensi tersebut AJWI memaparkan program pelatihan Jurnalis kepada para Siswa-Siswi SLTP-SLTA di Kabupaten Bogor, yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 tahun secara bertahap di enam (6) titik wilayah Kabupaten Bogor dengan sasaran 40 Sekolah di setiap kegiatan, target peserta 200-250 siswa, sehingga dalam satu tahun AJWI menargetkan bisa menjangkau sekitar 1.500 Siswa.

Baca juga:  KPAD Kabupaten Bogor Mediasi Kasus Pengeroyokan Siswa SMA Insan Cendekia dengan Pendekatan Restorative Justice

Nimrod Rungga Ketua AJWI mengatakan, mencermati perkembangan di tengah dunia yang serba teknologi, tidak terkecuali teknologi informasi dimana Siswa – Siswi yang saat ini hampir semua sudah memiliki handphone bisa menjadi salah bermanfaat bila tidak di edukasi. Sehingga AJWI memandang perlu untuk hadir di tengah dunia pendidikan guna memberikan, Edukasi maupun Advokasi, agar perkembangan teknologi di era generasi milineal bukan teknologi yang mengendalikan generasi milineal, namun generasi milineallah yang harus mengendalikan teknologi.

“Bila tidak diberikan pemahaman kepada mereka bisa saja kemajuan teknologi ini berdampak negatif apalagi di dunia medsos. Jadi, perlu pelatihan supaya penggunaan handphone itu bisa diarahkan kepada hal-hal yang positif, seperti menjadi Jurnalis di sekolah-sekolah karena Siswa – Siswi itu adalah bagian dari warga Indonesia”, ucapnya.

Baca juga:  Hati - Hati !! Jembatan Cikareteg Bocimi Longsor, Kapolsek Ciawi Imbau Masyarakat Ikuti Arahan Pihak Kepolisian

“Melalui karya Jurnalis siswa ini dapat memberikan rasa percaya diri, semangat menulis, membaca dan meningkatkan literasi siswa sehingga kami dari AJWI ingin mengajak kerjasama kemitraan, dan sinergi dengan Disdik Kabupaten Bogor”, tutur Ketua AJWI DPC Kabupaten Bogor Nimrod Rungga Senin (30/01/2023)

Sementara itu, pihak Disdik Kabupaten Bogor menyambut positif program AJWI untuk Tahun 2023 ini, sehingga Disdik dapat bersinergi dan bekerjasama dengan AJWI.

“Tanggungjawab pendidikan itu bukan hanya di Dinas Pendidikan, tapi harus melibatkan semua pihak, dan kami sangat mengapresiasi program ini untuk pelatihan Jurnalis kepada Siswa – Siswi semoga terlaksana dengan baik”, ujar Sekdis Pendidikan Kabupaten Bogor Hartono Anwar.

Baca juga:  Rektor IAIN Palopo, Menutup Secara Resmi PABK 2022

Dalam program ini AJWI juga mengajak pihak swasta untuk bersama-sama berkolaborasi sehingga program tersebut dapat terealisasi.

Turut hadir dalam pertemuan Audensi tersebut, diantaranya : dari Dinas Pendidikan Sekdis Kartono Anwar di dampingi Kabid Pembinaan SD (H.Burhan), Kabid Pembinaan SMP (Ucu S.)
Kasie paud (Oji) dan Kasie SMP (Maman), sementara dari DPC AJWI Kabupaten Bogor yaitu : Nimbrod Rungga (Ketua DPC), Kartono (Sekretaris), Bendahara (Jasiman Sitorus), serta Ben M. Siburian (Humas).(Tanto,Sumber : DPC AJWI)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait