website statistics
27.4 C
Indonesia
Wed, 19 June 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

27.4 C
Indonesia
Wednesday, 19 June 2024 | 17:35:14 WIB

Banjir di Pasar Dayeuhkolot Bandung Akibat Meluapnya Sungai Citarum, Omzet Para Pedagang Turun secara Signifikan

Bandung | detikNews – Pasar tradisional Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, mengalami banjir setinggi 30-60 sentimeter pada Senin (27/3/2023). Hal ini menyebabkan aktivitas jual beli di pasar terganggu dan berimbas pada penurunan omzet pedagang.

Banjir terjadi karena Sungai Citarum meluap dan merendam areal pasar setelah intensitas hujan cukup tinggi yang mengguyur wilayah Bandung dan sekitarnya membuat Sungai CItarum tidak dapat menampung debit air yang begitu besar.

Baca juga:  Helikopter TNI AD Jenis BEL 412 Mengalami Kecelakaan di Ciwidey: Seluruh Kru Selamat, Namun Alami Luka-luka

Ketinggian air di pasar bervariasi, mulai dari titik terendah 30 sentimeter hingga terdalam 60 sentimeter. Saluran drainase yang tersumbat sampah juga menjadi faktor terjadinya banjir ini.

Para pedagang mengeluhkan penurunan pendapatan karena berkurangnya pembeli yang datang ke pasar. Mereka berharap, pemerintah segera mengambil tindakan untuk menanggulangi banjir yang kerap merendam pasar, terutama ketika hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Bandung Raya.

Baca juga:  Kisah Yayat, Petugas Kebersihan Pasar Sehat Cileunyi Menghadapi Keluhan Pedagang dan Pemerintah yang Abai

“Hujannya sore dan air merendam ke areal pasar malam tadi dan sampai sekarang belum juga surut. Pasar Dayeuhkolot ini memang cukup berdekatan dengan Sungai Citarum,” kata Ilham, salah seorang pedagang di lansir dari inews.id

Beberapa upaya sudah dilakukan pemerintah guna menanggulangi permasalahan banjir ini, seperti membuat sodetan dan kolam penampungan air. Namun, nyatanya, banjir masih merendam wilayah Dayeuhkolot, termasuk permukiman warga dan tempat ibadah. Pedagang dan warga setempat berharap agar pemerintah dapat menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan banjir ini agar tidak terjadi lagi di masa depan. (DN)

Baca juga:  Kobaran Api di RS Hermina Depok, Tim Damkar Cepat Evakuasi Pasien
Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait