website statistics
30.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

30.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 11:43:38 WIB

Begini Cara Mendapatkan BLT BBM Rp 600 Ribu, Langsung Cair

Reporter: Sawijan

Jakarta | detikNews – Cara untuk mencairkan BLT (Bantuan Langsung Tunai) BBM (Bahan Bakar Minyak) dalam rangka kenaikan harga Bahan Bakar Minyak sangatlah mudah.

Bagi penerima yang telah mendapat surat undangan pencairan BLT BBM 2022 dari RT/RW setempat bisa langsung mengambil bantuan sosial (bansos) ini di kantor cabang PT Pos Indonesia (Persero).

Selain membawa surat undangan pencairan, penerima BLT BBM juga harus menyertakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan Kartu Keluarga (KK) asli.

Baca juga:  Pemerintah Kebumen Akan Bagi-bagi Bansos BBM Minggu Ini

Begini Cara Mencairkan BLT BBM

Kalau seluruh syarat sudah dimiliki, penerima bisa mengikuti cara mencairkan BLT BBM Bahan Bakar minyak berikut ini.

1.Kunjungi kantor pos terdekat dari domisili penerima.

2.Ambil nomor antrean serahkan dokumen syarat pencairan BLT BBM.

3.Petugas pos akan memverifikasi data penerima.

4.Petugas pos memberikan BLT BBM senilai Rp600 ribu.

Pada saat ini, pemerintah telah mencairkan BLT (Bantuan Langsung Tunai) BBM kepada penerima melalui berbagai kantor pos di seluruh Indonesia. Pencairan BLT BBM dilakukan secara bertahap.

Baca juga:  Cara Melaporkan Penipuan Online yang Efektif

Secara total, pemerintah menyediakan anggaran sebesar Rp 12,39 triliun untuk penyaluran BLT BBM. Masing-masing penerima mendapat bantuan senilai Rp 600 ribu.

Jumlah penerima BLT BBM se-Indonesia mencapai 20,65 juta. BLT BBM diberikan kepada mereka yang memenuhi syarat.

Syaratnya, yaitu merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan, dan bergaji/upah paling tinggi Rp 3,5 juta per bulan mencakup gaji pokok dan tunjangan tetap.

Kemudian, sudah terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial dan bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun anggota TNI/Polri.

Baca juga:  Dalam Rangka Memberikan Kemudahan Pelayanan Untuk Kenyamanan Pelanggan "PDAM Tirta Mulia Kabupaten Pemalang Sampaikan Informasi Pemberitahuan Tentang Pembayaran"

Pemerintah berharap BLT BBM bisa meringankan beban masyarakat di tengah tingginya pengeluaran akibat kenaikan harga BBM, seperti pertalite, solar, sampai pertamax.

Harga BBM di tingkat nasional naik mengikuti kenaikan harga di pasar dunia. Kenaikan ini terjadi karena ketegangan geopolitik dan krisis energi di beberapa negara.

Denikian cara mencairkan BLT BBM. Semoga membantu.

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait