website statistics
24.4 C
Indonesia
Tue, 23 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Tuesday, 23 April 2024 | 23:25:25 WIB

Bencana Alam di Kabupaten Bogor: Longsor Akibat Hujan dan Angin Kencang Menimpa Rumah Warga

Bogor | detikNews – Wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dilanda hujan deras yang mengakibatkan beberapa bencana alam. Salah satunya adalah longsor yang terjadi di Desa Tajur, Kecamatan Citereup. Tembok Penahan Tebing (TPT) setinggi 4 meter ambrol dan menimpa dinding belakang rumah warga di belakangnya. Beruntungnya, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian ini, Minggu (26/3/2023).

Menurut Staf Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Jalaludin, hujan deras dengan durasi cukup lama diduga menjadi penyebab longsor tersebut. Tim BPBD Kabupaten Bogor telah melakukan penanganan awal, evakuasi serta assesmen. Namun, evakuasi material longsor harus dilanjutkan besok karena situasi di lokasi tidak memungkinkan.

Baca juga:  Langkah Pemkot Depok Dalam Menurunkan Angka Pengangguran di Nilai Oleh Jawara

Selain longsor, bencana angin kencang juga terjadi di wilayah tersebut dan mengakibatkan 3 unit rumah ambruk di Kecamatan Bojonggede dan Dramaga Kabupaten Bogor. Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, beberapa orang harus diungsikan karena untuk sementara waktu rumah mereka tidak dapat ditinggali.

Salah satu rumah yang terkena dampak bencana angin kencang adalah milik Isa Ansori di Desa Petir. Bagian dinding gudang lantai 2 jebol dan menimpa atap rumah bagian kamar atas milik Bapak Abdulloh. Tim BPBD Kabupaten Bogor telah melakukan tindakan evakuasi untuk memastikan keselamatan warga yang terkena dampak bencana tersebut.

Baca juga:  Tragis! Pemotor dan Penumpang Tewas Terlindas Truk saat Gagal Nyalip Angkot di Bogor

Semua pihak diharapkan untuk lebih waspada dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat saat musim hujan tiba. Hal ini penting dilakukan untuk mengurangi dampak buruk dari bencana alam yang bisa saja terjadi.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait