website statistics
26.4 C
Indonesia
Tue, 27 February 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.4 C
Indonesia
Tuesday, 27 February 2024 | 15:26:41 WIB

Berbekal Dukungan Warga, dengan Visi dan Misi Perbaikan Infrastruktur serta Perapihan Database Warga, Evi Hendiyat Optimis Menangkan Kontestasi Ketua RT02/RW013

Depok | detikNews – Menghadapi kontestasi pemilihan Ketua RT diwilayah RW013, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok pada Mei 2022, berbekal dukungan warga sekitar dan dengan Visi Misi perbaikan insfrastruktur lingkungan, serta pemutakhiran data warga terkait upaya mendukung program Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Evi Hendiyat tokoh muda wilayah setempat optimis dirinya akan menangkan kontestasi pemilihan Ketua RT02/RW013 menuju perubahan masa depan yang lebih baik.

Evi Hendiyat mengatakan, bahwa tujuannya maju dalam ajang kontestasi pemilihan Ketua RT02/RW013 tersebut, selain atas dorongan masyarakat juga karena dirinya tergerak untuk membuat perubahan pada lingkungan tempat tinggalnya.

“Idealnya, keberadaan RT dan RW merupakan jembatan penghubung antara masyarakat kepada pemerintahnya dengan kata lain, pengurus RT dan RW pastinya akan didaulat masyarakat untuk bisa menyampaikan aspirasi kebutuhan lingkungan, serta mampu menerjemahkan segala kebijakan atau program yang digulirkan para penyelenggara negara kepada masyarakat yang dipimpinnya”, ucapnya. Minggu 15/5/2022.

“Menyikapi permasalahan sosial yang ada dilingkungan terkait dampak dari masa Pandemi yang berkepanjangan saat ini, saya merasa ikut terpanggil untuk dapat memberikan kontribusi aktif kepada lingkungan, dengan mencalonkan diri sebagai Ketua RT02/RW/013, dan membentuk tim kerja guna menyusun strategi penyelesaian pada setiap permasalahan yang ada dilingkungan kami”, ungkap Evi.

Tokoh muda RT02/RW013 ini mengungkapkan, RT/RW merupakan ujung tombak dari bergulirnya roda pemerintahan, dan merekalah garda terdepan yang menyalurkan pelayanan atas program yang dirancang pemerintahan untuk kemashlahatan masyarakatnya.

“Berdasarkan amanat Pemerintah setiap pengurus RT dan RW memiliki tugas sebagai berikut : turut membantu mewujudkan masyarakat yang sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Mampu menggerakkan partisipasi masyarakat dalam bergotong-royong guna mewujudkan swadaya masyarakat”, lanjutnya.

“Kemudian turut menunjang stabilitas nasional dengan menegakkan serta menjaga ketertiban dan menciptakan ketentraman pada lingkungan, guna membantu mensukseskan setiap program pemerintah, dengan menjadi penghubung antara sesama elemen masyarakat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta berperan aktif dalam tugas pengelolaan dan pembinaan wilayah”, sambungnya.

Lebih lanjut Evi memaparkan, bahwa konsep kepemimpinannya nanti akan mengacu keoada sistem Pembangunan berbasis Rukun Tetangga (PBRT) sebagai upaya meraih pembangunan merata terhadap masyarakat, yang pelaksanaannya bukan hanya bertumpu kepada para aparat Pemerintah, melainkan juga masyarakat yang menjadi sasaran utamanya.

“Dalam pelaksanaan PBRT, masyarakat dituntut untuk berpartisipasi aktif dalam segala kegiatan PBRT (upaya meraih pembangunan di berbagai bidang). Hal ini ditujukan agar tumbuh kesadaran kolektif tentang sikap positif untuk meraih pembangunan yang tepat sasaran, hingga pada akhirnya, kesadaran tersebut akan bermuara pada kebiasaan warga untuk bersikap positif, serta terwujud kekompakan lingkungan yang akan menghasilkan tujuan nya secara bersama-sama menuju lingkungan RT02/RW013 yang terbaik”, pungkasnya.(Arifin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait