website statistics
23.4 C
Indonesia
Sun, 21 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Sunday, 21 April 2024 | 2:27:12 WIB

Berikan Bantuan Benahi Jalan, Warga Kampung Wangun Undang Hj.Arsyanti R Thalib ke Acara Babancakan

Bogor | detikNews.co.id – Kembali Gelar Kegiatan Reses Masa Sidang 2021-2022 di Kampung Wangun, Desa/Kelurahan Pangkal Jaya, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Hj.Arsyanti Rozana Thalib.SE anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Komisi V Fraksi PDIP, disambut hangat oleh warga sekitar dengan mengundangnya pada acara Babancakan (Makan-makan bersama), sebagai bentuk ungkapan rasa syukur dan ucapan terimakasih dari masyarakat atas bantuan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, atas perapihan jalan yang telah diberikan untuk lingkungannya.

Hj.Arsyanti Rozana Thalib.SE mengatakan, pembangunan suatu daerah merupakan tujuan dan target utama pembangunan nasional, dirinya menilai bahwa Desa Wangun memiliki potensi wisata alam yang bisa dibangun potensi keparawisataannya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitarnya.

“Desa Wangun, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor ini memiliki asset alam yang luar biasa asri, dan ini bisa menjadi peluang terbentuknya sebuah Desa Wisata yang akan mampu meningkatkan taraf perekonomian masyarakatnya secara mandiri”, ujarnya . Jum’at 11/3/2022.

Baca juga:  Pria Ditangkap Karena Ganjal ATM di Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi: Kabur dari Petugas Namun Diamuk Massa

“Untuk mengetahui potensi yang dimiliki masyarakat agar dapat menjadi pelaku utamanya, diperlukan adanya kesiapan fisik dan non fisik serta kepedulian warga setempat, terhadap lokasi daya tarik wisata atau potensi pariwisata yang ada diwilayah tersebut”, tambahnya.

Politisi PDIP yang super aktif ini juga menilai, diperlukan adanya program khusus selain bagi Desa Wangun, juga bagi wilayah – wilayah lainnya yang ada di Jawa Barat khususnya, yang mempunyai asset alami untuk dapat digali potensi keparawisataannya, guna membentuk peluang usaha mandiri yang berbasis kemasyarakatan.

“Dalam membuat suatu program kerja tentang keparawisataan pun tentunya harus melalui metode penelitian yang intens terlebih dahulu, agar program tersebut bisa berjalan sesuai dengan kultur kehidupan masyarakat setempat”, ungkap Srikandi PDIP ini.

Baca juga:  Santunan Anak Yatim di Depok: Apresiasi dan Harapan dari Kadiskominfo

“Sebagai langkah awal diperlukan adanya dokumentasi, observasi lapangan, penyebaran kuesioner, wawancara, survey instansi serta studi literatur terlebih dahulu, dan metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif dan analisis area, dan hasil penelitian yang telah dilaksanakan harus menghasilkan konsep penataan Desa Wangun dengan menerapkan prinsip ‘Of The People dan Of The Materials”, sambungnya.

Aleg PDIP yang dikenal merakyat ini juga menyimpulkan, bahwa dari luas teritorial areanya Desa Wangun sangat layak untuk dijadikan wilayah destinasi wisata, hanya tinggal diperlukan tenaga ahli yang mumpuni dibidangnya, serta dukungan infrastruktur yang bersifat Go Green, maka masyarakat sekitar akan dapat membuat sendiri regulasi perekonomiannya, dengan dukungan aktif dari pihak Pemerintah Daerahnya.

Baca juga:  KWT Selendang Ratu Sukses Panen Sayuran Hidroponik dan Raih Prestasi dalam Pengembangan Pertanian

“Dari Total luas wilayah 3.700.000 Ha, Persawahan 1.470.000 Ha, Ladang 1.120.000 Ha, Pemukiman 580.000 Ha, dan Fasum 120 Ha, rasanya Desa Wangun sangat berpotensi dijadikan wilayah destinasi wisata alami. Hanya tinggal dibutuhkan dukungan program khusus dari pihak Pemda Bogor, baik dari segi infrastruktur, non infrastruktur, serta pengawasan yang intens”, ucapnya.

“Saya berharap hal ini bisa menjadi perhatian khusus bagi para penyelenggara negara tingkat daerah, untuk dapat segera dicanangkan, guna mewujudkan peluang usaha yang mandiri bagi warga sekitar, agar benar – benar mampu menggerakkan kembali ekonomi kerakyatan yang sempat terhenti akibat dampak negatif dari Pandemi”, pungkasnya.(Ar)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait