website statistics
21.4 C
Indonesia
Fri, 29 March 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Friday, 29 March 2024 | 8:41:00 WIB

Berikan Rasa Aman Nyaman Jelang Hari Raya Idul Fitri, Dishub Kota Bandung Lakukan Ini

Bandung | detikNews – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung telah melakukan persiapan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H, dengan tujuan memberikan rasa aman, nyaman, dan keselamatan bagi masyarakat.

Salah satu persiapan tersebut adalah inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan atau ramp check terhadap setiap Perusahaan Otobus (PO) pada 24-31 Maret 2023. Hal ini dilakukan untuk memastikan kendaraan yang digunakan PO layak jalan dan dapat diandalkan.

Kepala Dishub Kota Bandung, Dadang Darmawan, menjelaskan bahwa persiapan sudah dimulai sejak pekan lalu. Selanjutnya, pada H-7, Dishub Kota Bandung akan melakukan ramp check di Terminal Cicaheum dan Leuwipanjang.

Baca juga:  Inisiatif Dishub Bandung, Menyediakan Kantong Parkir Ekstra saat Festival Asia Africa

“Pemeriksaan yang dilakukan meliputi sistem pengereman, penerangan, kemudi, kualitas ban, kaca yang tidak pecah, dan alat tanggap darurat,” ujar Dadang, Kamis (06/04/2023)

Selain itu, lanjutnya,  akan diperiksa juga administratif seperti masa berlaku buku uji, STNK, nomor rangka, dan kesesuaian DWP.

“Dishub Kota Bandung juga akan memeriksa kesehatan para pengemudi, yang akan dilakukan bersama dengan Dinas Kesehatan. Tes urine juga akan dilakukan untuk memastikan pengemudi siap secara fisik dan mental,”jelasnya.

Baca juga:  Satukan Sinergi, Universitas Muhammadiyah Aceh Gelar Workshop Kenaikan Jabatan Fungsional dan Pengisian Beban Kerja Dosen

Untuk memastikan keamanan lalu lintas selama Hari Raya Idul Fitri, Dishub Kota Bandung akan mendirikan pos keamanan di titik lokasi yang berpotensi mengalami kemacetan. Beberapa titik lokasi tersebut antara lain di Cicaheum, Ujungberung, Bundaran Cibiru, Simpang Samsat, Simpang Buahbatu, Dago, Ledeng, dan Tegalega.

Pada H-7, Dishub Kota Bandung akan berkoordinasi dengan Dishub Jabar dan Kepolisian untuk membuat pos keamanan di sekitar 9 lokasi di Kota Bandung. Beberapa pos keamanan seperti di Cikapayang-Dago dan Bundaran Cibiru sudah menjadi pos yang biasa digunakan.

Baca juga:  "Dukcapil Goes to Campus": Pemkot Bandung Targetkan 10.000 Mahasiswa Miliki Identitas Kependudukan Digital (IKD) di UPI

“Selama Hari Raya Idulfitri, Dishub Kota Bandung akan menurunkan 600 personel untuk memastikan keamanan dan kenyamanan lalu lintas,” pungkasnya.

Dengan persiapan ini, diharapkan masyarakat dapat merayakan Hari Raya Idulfitri dengan aman dan nyaman. (Edh)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait