website statistics
26.8 C
Indonesia
Fri, 19 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.8 C
Indonesia
Friday, 19 April 2024 | 16:34:18 WIB

Berikut Jadwal Imsak Jakarta pada Selasa, 28 Maret 2023: Informasi Lengkap Jadwal Buka Puasa dan Sholat di Jakarta Selama Ramadan 2023

Jakarta | detikNews – Berikut ini adalah jadwal imsak Jakarta pada Selasa, 28 Maret 2023. Bagi umat Muslim yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, informasi jadwal buka puasa dan imsak hari ini sangat penting sebagai persiapan menutup waktu sahur di bulan Ramadan 2023.

Selain jadwal buka imsak hari ini, informasi jadwal buka sholat dan jadwal buka puasa hari ini juga tercantum dalam jadwal imsakiyah resmi Bimas Islam Kementerian Agama. Informasi ini dapat diakses melalui situs resmi Bimas Islam Kemenag RI.

Baca juga:  Jadwal Imsak Jakarta Hari Ini, 19 April 2023: Persiapan Menyambut Ramadan 2023 bagi Umat Muslim di Jakarta dan Sekitarnya

Berikut adalah jadwal imsak Jakarta hari ini pada tanggal 28 Maret 2023:

Untuk informasi lebih lengkap mengenai jadwal buka puasa dan imsak di Jakarta selama bulan Ramadan 2023, dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

Bagi masyarakat di luar wilayah Jakarta yang ingin mengetahui jadwal imsak dan buka puasa sesuai dengan lokasi tempat tinggal, dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk memeriksanya.

Baca juga:  Rekayasa Contraflow Terapkan Secara Situasional di Km 47-65 Tol Japek untuk Menghindari Kemacetan

Untuk mengetahui makna dari istilah imsak dan imsakiah, keduanya berasal dari bahasa Arab. Kata “amsaka-yumsiku-imsakan” memiliki arti ‘menahan’, sehingga imsak diartikan sebagai menahan diri dari makan, minum, dan segala aktivitas yang membatalkan puasa.

Menurut Kementerian Agama RI, penentuan waktu imsak 10 menit sebelum azan subuh telah disepakati dalam rapat Tim Hisab dan Rukyat yang digelar pada tanggal 22 Juni 2016.

Baca juga:  Anak Kembar Korban Longsor Ditemukan Sudah Tidak Bernyawa

Demikianlah informasi mengenai jadwal imsak Jakarta pada Selasa, 28 Maret 2023 beserta penjelasan mengenai arti dari waktu imsak dan alasan di balik penentuan waktu imsak 10 menit sebelum azan subuh. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi umat Muslim dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan 2023.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait