website statistics
23.4 C
Indonesia
Sat, 20 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Saturday, 20 April 2024 | 4:57:24 WIB

Bimtek Pengelolaan SID Digital OpenSID, Desa Langkidi Kabupaten Luwu

Reporter: Bahrun

Luwu | detikNews.co.id – Pemerintah Desa Langkidi Kecamatan Bajo, Kab.Luwu, Provinsi SulSel melaksanakan kegiatan Bimtek Pengelolaan SID Digital OpenSID bekerjasama dengan PT Adua Empat Business Center (Mitra Resmi OpenSID Luwu) dan Komunitas Smart Village OpenSID Luwu sekaligus Soft Launching Sistem Informasi dan Pelayanan Desa Terpadu Berbasis Digital dikantor Desa Langkidi, Selasa (9/7/2022).

Hadir dalam kegiatan ini, antara lain. “Kepala Desa Langkidi Muslim, S.Pi beserta aparat Desa, Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Luwu Ibu Hj.Darwisa, perwakilan Pemerintah Desa sekitar, serta narasumber Bapak Aziz Aripuddin (CEO PT A24BC / Ketua Komunitas ForSID Smart Village OpenSID Luwu).

Baca juga:  Badr Interactive Ciptakan Pengalaman Virtual Melalui Teknologi VR untuk Memahami dan Mengelilingi Kabah

Dalam sambutan pembukaan Bimtek ini, Kepala Desa Langkidi mengatakan bahwa program ini adalah bagian dari bentuk pelayanan prima kepada Warga Desa Langkidi sekaligus bagian dari upaya Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Desa setelah Pemerintah Desa Langkidi menjadi bagian dari Desa Cerdas di Luwu yang ditetapkan oleh Kementerian Desa & Pembangunan Daerah Tertinggal RI beberapa waktu yang lalu. Beliau juga sangat berterima kasih kepada Tim PT A24BC dan Komunitas OpenSID Luwu yang begitu konsisten mendampingi Pemerintah Desa Langkidi mewujdukan program ini, sehingga bisa terwujud di Desa nya.

Baca juga:  Walikota Tanggerang: "Digitalisasi sebagai Kunci Menuju Kota Cerdas"

Dalam Bimtek ini, Aziz memberikan paparan mengenai kenapa desa sudah harus punya Sistem Informasi Desa berbasis Digital, pengenalan fitur-fitur yang ada di OpenSID serta penggunaan aplikasi pelayanan seperti pembuatan surat yang kurang dari 3 menit sudah jadi, penggunan fitur Pengaduan Online Warga, sampai dengan Aplikasi PBB, Stunting dan Lapak Desa Digital.

Baca juga:  'Easy Plan' Platform Partisipatif Untuk Perencanaan Pembangunan Kota Depok

Setelah itu, para peserta kegiatan beserta tamu diajak oleh Pemerintah Desa Langkidi untuk ikut dalam kegiatan Soft Launching Anjungan Layanan Mandiri, Sistem Informasi & Pelayanan Terpadu Desa berbasis Digital di ruang pelayanan kantor Desa Langkidi. Tenaga Ahli P3MD Luwu Ibu Hj. Darwisa mengatakan, sangat terkesan dengan Inovasi dari Pemdes Langkidi ini bahkan bisa menjadi contoh bagi Desa-Desa lainnya dalam mewujudkan pelayanan terbaik di Desa.

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait