website statistics
24.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 20:42:18 WIB

BMKG Jelaskan Kenaikan Suhu yang Tiba-tiba Pasca Erupsi Merapi di Jateng, Berikut Perubahan Cuaca yang Terjadi

Semarang | detikNews – Warga Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) mengeluhkan suhu udara yang terasa lebih panas dalam dua hari terakhir.

Beberapa warga pun bertanya-tanya apakah kondisi panas ini dipengaruhi oleh letusan Gunung Merapi yang mengakibatkan debu vulkanik terbawa angin hingga berbagai daerah.

Namun, menurut forecast atau Prakirawan Cuaca Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ahmad Yani Semarang, Winda Ratri, fenomena letusan Gunung Merapi tidak berpengaruh secara langsung terhadap suhu di Kota Semarang atau daerah lain di Jateng.

Baca juga:  Kasus Pembunuhan Mengejutkan: Heboh Mayat Dicor Ditemukan di Depot Air Isi Ulang Semarang

“Udara terasa panas lebih dikarenakan minimnya tutupan awan, ” Ujar Winda di kutip dari Solopos.com, Minggu (12/03/2023)

Winda menjelaskan bahwa panas itu dikarenakan pertumbuhan awan di Jateng hari ini memang tidak merata, terutama pada jam siang hingga sore hari, dan mayoritas terjadi di Kota Semarang bagian utara.

” Faktor geografis juga mempengaruhi, di mana daerah yang banyak pohon suhunya berbeda dengan daerah yang minim tutupan pohon, ” tuturnya.

Baca juga:  Tragedi Kecelakaan Kerja: Teknisi Lift Tewas Terjepit di Kompleks Kantor Pemprov Jateng

BMKG Ahmad Yani Semarang juga menyebut bahwa daerah yang terpantau memiliki pertumbuhan awan mayoritas berada di sekitar pegunungan, seperti di Kendal bagian atas yang berbatasan dengan Temanggung dan Pekalongan atau Pemalang Selatan yang berbatasan dengan Banjarnegara.

Sementara itu, mengenai daerah lain yang terasa lebih panas, Winda menyebutkan bahwa itu disebabkan oleh efek pergantian musim. Meskipun suhu udara sebenarnya masih normal, yaitu 30-32 derajat, warga merasa panas atau gerah karena terbiasa dengan hujan beberapa waktu lalu dan sekarang jarang hujan.

Baca juga:  SETARA Institute Rilis Indeks Kota Toleran 2022: Singkawang Dinobatkan Sebagai Kota Paling Toleran, Bekasi Masuk Peringkat Tiga

Sehingga, kesimpulannya, suhu udara yang terasa lebih panas di Kota Semarang dalam dua hari terakhir tidak disebabkan oleh letusan Gunung Merapi, tetapi lebih dikarenakan minimnya tutupan awan dan faktor geografis. Daerah lain yang terasa lebih panas disebabkan oleh efek pergantian musim jelasnya. (EDH)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait