website statistics
27.4 C
Indonesia
Sat, 18 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

27.4 C
Indonesia
Saturday, 18 May 2024 | 19:19:10 WIB

BPBD Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta: Waspada Banjir Rob di Jakarta Utara hingga 17 Juli 2022

Reporter: Sawijan

Jakarta | detikNews – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau masyarakat mewaspadai potensi banjir rob di wilayah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu pada (8-17 Juli 2022).

BPBD DKI Melalui akun instagramnya menyatakan bahwa banjir di pesisir diperkirakan terjadi sekitar pukul 18.00-24.00 WIB.

 Jalan Kramat Raya
Jalan Kramat Raya

BPBD DKI jakarta kemudian menjabarkan wilayah yang berpotensi diterjang banjir rob, di antaranya wilayah Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa, Marunda, juga Kepulauan Seribu.

Baca juga:  Pengamen Angkot Diamankan Satpol PP Bogor karena Meminta Uang secara Paksa dan Menakuti Penumpang

Dari Pengamatan (BMKG) Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika banjir rob ini terjadi karena beberapa alasan, salah satunya pada fase bulan purnama.

Dilain itu, banjir rob itu juga dipicu fenomena (perigee) atau jarak terdekat bulan ke bumi. (Perigee) berpotensi menyebabkan peningkatan ketinggian air laut pasang,” ungkap (BMKG).

BPBD Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta juga mengimbau warga dan pihak terkait di wilayah yang berpotensi terdampak untuk diwaspadai, mewaspadai peningkatan ketinggian air laut pasang yang berpotensi memicu banjir pesisir,” ungkapnya.

Baca juga:  Misteri Terungkap: Penemuan Potongan Tubuh di Sungai Bengawan Solo, Kepolisian Mengungkap Identitas Korban dengan Ciri-Ciri Tato Naga dan Kebiasaan Merokok

Masyarakat pun dapat memantau informasi terkini mengenai kondisi gelombang air laut melalui laman bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut.

Jika menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segeralah menghubungi Call Center Jakarta Siaga (112)” demikian pernyataan (BPBD) Badan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta yang dilansir kantor berita Antara. (sw)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait