website statistics
21.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 4:38:30 WIB

Breaking News: Uji Coba ETLE Mobile di Kendaraan Patroli Keliling Jakarta Hari Ini

Jakarta | detikNews – Kendaraan Patroli Polda Metro Jaya yang sudah dilengkapi kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di ujicoba menjalankan sistem tilang elektronik mulai hari ini, Rabu (7/12).

Sebanyak 11 kendaraan patroli dengan kamera ETLE jenis mobile ini akan keliling jalan-jalan protokol dan ruas jalan di Jakarta yang belum terpasang kamera statis untuk memantau dan mendokumentasikan pelanggaran lalu lintas.

Baca juga:  Hari Bidan Internasional 5 Mei 2023: "Bersama Lagi: Dari Bukti Menjadi Kenyataan" - Tema dan Pentingnya Peran Seorang Bidan

“Ini sudah coba ke masyarakat, untuk melakukan penindakan pada Rabu (7/12),” ucap Kombes Pol Latif Usman, Selasa 6/12/2022.

Latif mengatakan ETLE mobile lebih dinamis ketimbang ETLE statis yang lokasinya permanen. Saat ini Polda Metro Jaya punya 57 titik kamera ETLE statis, jumlah itu bakal ditambah 70 unit tahun depan.

ETLE mobile di kendaraan patroli memungkinkan kamera berhadapan langsung, dan lebih dekat ke pelaku pelanggaran lalu lintas. Selain di kendaraan patroli, jenis kamera lain ETLE mobile adalah yang dibawa petugas seperti ponsel.

Baca juga:  Kepastian Hukum Kasus Penipuan Rp.2 Miliar di Polres Metro Depok Dipertanyakan

Kamera ETLE kini jadi andalan kepolisian usai Kapolri Listyo Sigit Prabowo melarang tindak tilang manual hingga akhir tahun ini. Kebijakan ini sudah menghasilkan beragam respons masyarakat dan juga penyesuaian kepolisian.

“Polda Metro Jaya juga memberlakukan lagi tilang manual untuk pelanggaran-pelanggaran tertentu yang dianggap perlu seperti mencopot pelat nomor, menggunakan pelat nomor palsu, balap liar dan knalpot brong,” tegasnya. (Sawijan

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait