website statistics
26.8 C
Indonesia
Fri, 19 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.8 C
Indonesia
Friday, 19 April 2024 | 15:34:21 WIB

BRI Resmi Terkoneksi SIPD Kementerian Dalam Negeri

Jakarta | detikNews – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk resmi terhubung dengan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Kementerian Dalam Negeri. Peluncuran kerjasama ini dilaksanakan dalam acara Sarasehan Nasional Keuangan Daerah & Penghargaan APBD Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri di Mercure Convention Center Ancol, Jakarta pada Kamis, 16 Maret 2023.

Peluncuran secara simbolis dilakukan oleh Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo, dan Direktur Kelembagaan & Usaha Besar BRI, Agus Noorsanto. Acara tersebut dihadiri oleh Dirjen Pengembangan Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Agus Fatoni, serta Gubernur, Bupati, Walikota, Sekretaris, Kepala BPKAD, dan Kepala BAPENDA dari seluruh Indonesia.

Baca juga:  Tragedi Kematian Wakil Bupati Alor di Jakarta: Diduga Serangan Jantung Membuat Imran Duru Meninggal Dunia

Agus Noorsanto menyatakan kerjasama ini merupakan bentuk kemitraan untuk mendukung digitalisasi keuangan. Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam pengelolaan transaksi keuangan, khususnya bagi pemerintah daerah yang menggunakan SIPD untuk melakukan transaksi belanja daerahnya.

“BRI mendukung penuh transformasi keuangan daerah, termasuk SIPD. Aplikasi ini merupakan inovasi Kemendagri untuk digitalisasi keuangan daerah”, ucapnya.

Baca juga:  Memberikan Dukungan untuk Masa Depan Anak-anak NTT: Caranya Hanya dengan Satu Klik!

Dengan terkoneksinya BRI ke SIPD, Pemda yang RKUD-nya dikelola oleh BRI dapat terintegrasi dengan SIPD. Pemda yang dapat diintegrasikan dengan SIPD adalah yang sudah menggunakan modul akuntansi SIPD.

Ia optimistis hal ini akan bermanfaat bagi pemerintah daerah, karena mereka dapat menikmati layanan digital dari BRI dan juga mematuhi aturan Kementerian Dalam Negeri. Selain itu, proses penggajian ASN juga dapat dilayani melalui SIPD.

Baca juga:  Ummy Etty : Penguatan Motivasi Kader PKK Untuk Kerjasama dan Kerja Bersama Dalam Team, Adalah Kunci Sukses Pembangunan Bangsa

SIPD sendiri merupakan aplikasi yang digunakan oleh pemerintah daerah untuk melakukan transaksi belanja daerahnya. Dalam hal ini, BRI bekerjasama untuk membantu layanan perbankan.(Nawi)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait