website statistics
22.4 C
Indonesia
Fri, 26 July 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Friday, 26 July 2024 | 2:55:28 WIB

Budidaya Lebah Trigona, Inovasi Ekonomis dalam Pertanian Kota Depok

Depok | detikNews – Dalam upaya mempertahankan ketahanan pangan dan mengembangkan sektor pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Depok di bawah kepemimpinan Dede Zuraida telah memperkenalkan budidaya Lebah Trigona sebagai solusi unik dengan potensi ekonomis yang tinggi. Budidaya lebah jenis Trigona menjadi pilihan yang bijak, terutama di kota-kota seperti Depok, di mana lahan pertanian semakin terdesak oleh perkembangan perumahan.

Menurut Dede Zuraida, budidaya Lebah Trigona memberikan alternatif yang menarik untuk petani di Kota Depok. dia menjelaskan bahwa usaha peternakan tradisional seperti sapi, kambing, domba, dan ayam semakin sulit dilakukan karena lahan pertanian semakin terbatas. Oleh karena itu, budidaya Lebah Trigona menjadi pilihan yang cerdas, Kamis (31/08/23)

Baca juga:  Ini Dia! Harga Dogecoin Melejit Berkat Rencana Rebranding Twitter: Pengumuman Ini Ketiban Cuan!

Lebah Trigona memiliki keunggulan yang signifikan. Meskipun berukuran kecil dan tidak menyengat, lebah ini mampu menghasilkan madu dan propolis mentah yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Selain itu, waktu panen madu tidak memakan waktu lama, hanya sekira satu bulan sekali. Hal ini memungkinkan petani untuk memperoleh hasil ekonomis secara rutin.

Keunggulan lainnya dari budidaya Lebah Trigona adalah sifatnya yang tidak menyengat, sehingga lebih aman bagi petani. Proses budidayanya juga relatif mudah dan sederhana, tidak memerlukan lahan pertanian yang luas, sehingga sangat sesuai untuk diterapkan di perkotaan.

Baca juga:  Terperinci: Analisis Harga Kripto Per 11 Juni 2023 - Bitcoin Menurun, Solana Memimpin Dalam Koreksi

Tidak hanya itu, budidaya Lebah Trigona hanya memerlukan vegetasi tanaman bunga kecil sebagai sumber pakan. Dalam satu koloni, produksi madu bisa mencapai 1-5 kg per tahun. Harga jual madu yang mencapai sekitar Rp 350.000 per kilogram dan propolis sekitar Rp 250.000 per kilogram menjadikan budidaya Lebah Trigona atau Klanceng sangat menguntungkan, terutama bagi petani dengan lahan terbatas yang memiliki akses ke tanaman bunga yang cukup.

Dengan demikian, budidaya Lebah Trigona menjadi pilihan yang cerdas dan berpotensi mengubah perangkat pertanian dan peternakan di Kota Depok. Selain memberikan alternatif ekonomis yang menarik, budidaya ini juga membantu melindungi lingkungan dan lahan pertanian yang semakin terdesak oleh perkembangan perumahan.

Baca juga:  Hasil Budidaya Ikan Air Tawar Meningkat Pasca Pandemi, Pemdes Aik Bukak Harapkan Regulasi Harga Pakan

Dede Zuraida dan DKP3 Kota Depok telah membuka pintu bagi petani lokal untuk mengadopsi praktik budidaya yang berkelanjutan, ekonomis, dan ramah lingkungan ini, semakin memperkuat sektor pertanian dan kesehatan hewan di wilayah tersebut. Budidaya Lebah Trigona bukan hanya solusi untuk petani dengan lahan terbatas, tetapi juga menjadi langkah menuju ketahanan pangan yang lebih baik dan berkelanjutan. (edh)

 

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait