website statistics
28.4 C
Indonesia
Fri, 29 March 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Friday, 29 March 2024 | 13:37:32 WIB

Bupati Purwakarta: Dorong Terus Desa-desa untuk Memiliki Produk Andalan

Purwakarta | detikNews – Pemerintah Kabupaten Purwakarta memperlihatkan dukungannya terhadap produk unggulan desa-desa di wilayahnya untuk semakin dikenal oleh masyarakat nasional dan internasional. Bupati Anne Ratna Mustika, perempuan pertama di Kabupaten Purwakarta, mengakui bahwa produk unggulan tersebut merupakan tulang punggung pertumbuhan ekonomi di daerah maupun nasional.

Setelah berhasil memperkenalkan buah Manggis Wanayasa di pasar nasional dan global, Bupati Anne mendorong produk lain agar semakin dikenal, termasuk buah-buahan, sayur-sayuran, kerajinan, perkebunan, peternakan, perikanan, UMKM, dan lainnya.

Baca juga:  Jhoni Antoni: Forum Persaudaraan Rakyat (FPR) Menolak Kenaikan Harga BBM

“Prodak unggulan di setiap desa tidak hanya bertumpu pada satu produk saja, namun bisa lebih dari satu. Sebagai contoh, di Kecamatan Campaka, buah rambutan menjadi komoditas unggulan, tetapi di Desa Cijunti, Cisaat, Cimahi, banyak pengrajin topi yang pasarannya sudah cukup jelas,”ujar Anne dikutip dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Selasa (14/03/2023).

Bupati Anne yang akrab di sapa Ambu anne ini juga menyadari bahwa media sosial bisa menjadi platform efektif untuk mempromosikan produk unggulan di desa. Potensi dan produk unggulan tersebut harus didorong agar dapat diakses oleh masyarakat luas.

Baca juga:  Ditimpa Hujan dan Angin Kencang, Rumah Warga Sukamaju Kabupaten Purwakarta Rusak Berat "Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat Kunjungi umah Korban"

Selain meningkatkan pengetahuan dan pemasaran produk unggulan desa, pengelolaan potensi dan sumber daya desa yang berhasil juga akan berdampak pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan kebutuhan tenaga kerja.

“Kami mendorong generasi muda di pedesaan untuk menjadi peka terhadap peluang yang ada dan memajukan desa mereka dengan memanfaatkan potensi desa tersebut,” tutur Ambu Anne.

Baca juga:  Serahkan Bantuan Kepada Korban Musibah Kebakaran, Simak Berikut yang disampaikan Ketua II K2S Kota Kupang

Dukungan pemerintah daerah dan kesadaran masyarakat terhadap produk unggulan desa bisa membuka lapangan kerja baru dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan secara keseluruhan. Hal ini akan membawa dampak positif pada pertumbuhan ekonomi nasional, sehingga perlu terus didorong dan dikembangkan, pungkasnya. (Mawi)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait