21.4 C
Indonesia
Jum, 2 Desember 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Jumat, 2 Desember 2022 | 7:28:35 WIB

Bupati Wajo Minta Waspada Perubahan Cuaca, Kampung Siaga Bencana Disiapkan

Reporter: Firman Syam

Wajo | detiknews – Bupati Wajo, Amran Mahmud, meminta kepada seluruh masyarakat untuk selalu waspada serta memperhatikan kondisi cuaca di wilayah masing-masing, khususnya daerah rawan banjir. Begitupun instansi terkait untuk siap siaga.

Hal ini menyikapi musim hujan yang mulai mengguyur dalam beberapa waktu terakhir di Kabupaten Wajo dan sekitarnya. Ditambah, beberapa wilayah di Wajo selalu menjadi langganan banjir setiap tahunnya, khususnya di wilayah pesisir Danau Tempe.

“Saya mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan selalu waspada terhadap segala kemungkinan terjadinya bencana, seperti banjir. Begitu juga ketika beraktivitas di luar rumah, untuk terus memperhatikan kondisi cuaca,” ucap Amran Mahmud yang dikonfirmasi, Senin (27/6/2022).

Baca juga:  Aspirasi Andi Yuliani Paris, Bupati Wajo Resmikan 137 Unit PJUTS di Atakkae

Amran Mahmud juga meminta kepada seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dengan penanganan bencana untuk tetap menyiagakan unit penanganan bencana masing-masing.

“Begitupun kepada para camat, kepala desa, dan lurah untuk tetap waspada serta melakukan upaya antisipasi dan persiapan secara dini. Saya minta agar semua aktif berkoordinasi dan melaporkan perkembangan kepada OPD terkait,” seru Amran yang juga Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Wajo ini.

Baca juga:  Pamer Si Penting Palang Merah Indonesia Peduli Stunting

Selain itu, Amran Mahmud meminta kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar aktif merilis perkembangan prakiraan cuaca secara berkala untuk diketahui masyarakat. Begitu pula menyiagakan Kampung Siaga Bencana (KSB) agar bisa langsung bekerja ketika terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Kepada Dinas Sosial P2KBP3A juga untuk segera mempersiapkan dan menyiagakan para pengurus Kampung Siiaga Bencana (KSB) agar bisa langsung ‘action’ ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tambah Amran Mahmud.

Meski demikian, lanjutnya, tentu seluruh masyarakat berdoa dan berharap agar Wajo senantiasa terhindar dari bencana. “Persiapan-persiapan ini adalah bentuk ikhtiar kita kepada Allah subhanahu wa taala,”ungkapnya.

Baca juga:  JARA: Harapkan PJ.Gubernur Aceh Peduli Pembangunan dan Peka Terhadap Keadaan Masyarakat Aceh

Sementara, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial P2KBP3A Wajo, Warmansyah, menyampaikan bahwa untuk pengurus KSB Walannae Kecamatan Sabbangparu saat ini tengah melakukan penyusunan program kerja dan pembagian tugas.

“Kita sudah bagi pengurus ke dalam beberapa tim, misalnya tim mitigasi, evakuasi, shelter, dapur umum, dan sebagainya. Kalaupun terjadi benca, tim KSB kami sudah siap,” pungkasnya. (firman Syam)

Komentar

-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img

Berita Terpopuler

Sitialimah Aceh Meminta Perlindungan Hukum di Polres Nias

Nias, Gerbang Indonesia - Terjadi pengancaman atas diri Sitialimah Aceh yang dilakukan oleh sekelompok oknum keluarga TBN LS bersama dangan kawan-kawannya pada hari Sabtu...

Saat Perbaiki Mesin, Kernet Truk Ditabrak di Tol Jakarta Tangerang

Reporter: Sawijan Jakarta | detikNews.co.id - Disaat memperbaiki truknya yang mogok kernet truk berinisial HDR meninggal dunia di Jalan Tol Jakarta-Tangerang Km 04.300 pada Selasa...

Pj Walikota Dukung Komitmen Akreditasi RSUD Kumpulan Pane

Reporter: J. Saragih Tebing Tinggi| detikNews - Pemerintah Kota bersama jajaran UPTD RSUD dr H. Kumpulan Pane Tebing Tinggi mendeklarasikan komitmen Akreditasi demi upaya mewujutkan...

Riswanto Tukang Becak, Kini Jadi Juragan Buah

Pemalang | detikNews - Adalah Riswanto seorang lelaki berusia 30 tahun, warga Kaligelang, Kecamatan Taman, Pemalang Jawa Tengah. Seorang yang mengalami pasang surutnya kehidupan,...

Penganiaya Ibu Rumah Tangga di Tarutung, berhasil Diringkus Sat Reskrim Polres Taput

Tapanuli Utara, Gerbang Indonesia - Setelah lima hari melarikan diri, tersangka penganiaya seorang ibu rumah tangga atas nama korban Stevy Simanjuntak ( 30 )...

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Desa Bontonyeleng

Reporter: Wahyudi Bulukumba | Gerbang Indonesia - Hujan deras disertai angin kencang menerjang beberapa titik di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), Tak terkecuali di Desa...
-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img
Berita terbaru
Berita Terkait