website statistics
23.4 C
Indonesia
Tue, 25 June 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Tuesday, 25 June 2024 | 0:32:04 WIB

Calon Perseorangan Pilkada Wonosobo Absen, Persaingan Hanya dari Partai Politik

Wonosobo | detikNews – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Wonosobo tahun 2024 dipastikan tidak akan diikuti oleh calon Bupati dan Wakil Bupati dari jalur perseorangan atau independen. Kepastian ini disampaikan oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Wonosobo, Sarwanto Priadhi.

“Pendaftaran calon perseorangan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonosobo berakhir tanpa ada satu pun pihak yang menyerahkan persyaratan dukungan,” kata Sarwanto saat dikonfirmasi awak media.

“Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024, penyerahan dukungan untuk calon perseorangan dijadwalkan pada 8-12 Mei 2024. Namun, hingga batas akhir waktu penerimaan dukungan pada 12 Mei 2024 pukul 23.59 WIB, tidak ada bakal pasangan calon yang hadir dan menyampaikan persyaratan,” katanya.

Baca juga:  Disindir NasDem Soal Cawapres, Ini Kata Anies Rasyid Baswedan

Lebih lanjut dikatakan bahwa syarat dukungan bagi calon perseorangan di Wonosobo adalah 52.000 Kartu Tanda Penduduk (KTP), sebuah angka yang cukup besar sehingga memerlukan persiapan matang. “Pengumpulan dokumen persyaratan calon perseorangan harus disiapkan jauh hari sebelum tahapan Pilkada dimulai,” ujarnya.

“Dengan tidak adanya calon perseorangan, Pilkada Kabupaten Wonosobo 2024 hanya akan diikuti oleh para calon yang diusung oleh partai politik. Sarwanto menekankan bahwa jalur perseorangan bukanlah jalur yang mudah karena memerlukan jaringan massa, modal kapital, dan dukungan pemilih yang solid, serta verifikasi faktual dukungan dilakukan dengan metode sensus,” ucapnya.

Baca juga:  Turnamen Garuda Cup IV Beumopu, Dukungan Gerindra untuk Generasi Muda NTT

Ia juga mengharapkan agar partai politik bersikap terbuka dalam menerima pendaftaran bakal calon kepala daerah demi proses demokrasi yang lebih berkualitas. “Setelah jalur perseorangan tertutup, kini tinggal tersedia jalur partai politik. Saya berharap partai-partai politik bersikap terbuka dan akomodatif, meskipun tetap sesuai dengan ketentuan peraturan partai masing-masing,” lanjutnya.

“Bawaslu sedang mempersiapkan para Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan akan melanjutkan dengan pembentukan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) guna memastikan Pilkada berjalan lancar dan sesuai aturan,” tutupnya.(Herman)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait