28.4 C
Indonesia
Sab, 3 Desember 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Sabtu, 3 Desember 2022 | 13:19:14 WIB

Camat Tallo, Alamsyah Pentingnya Peran Masyarakat Atasi Peran Kelompok dan Anarkisme

Reporter: Firman Syam

Makassar | detikNews – Camat Tallo Alamsyah Sahabuddin (Anca) hadir bersama Ketua Komisi A DPRD Kota Makassar Rahmat Taqwa Quraisy (RTQ) pada dialog publik bertajuk “Peran Media, Pemuda,TRIPIKA, dan DPRD dalam penanganan Anarkisme”.

Alamsyah mengatakan perlunya keterlibatan semua unsur masyarakat mengatasi anarkisme dan perang kelompok yang terjadi dalam satu wilayah. Sebab kecenderungan pemuda melakukan perbuatan negatif diakibatkan lemahnya kontrol atau pengawasan semua pihak, mulai dari keluarga, lingkungan RT/ RW, serta di tempat pergaulan mereka.

Baca juga:  Kungker ke Jalan Makam Cut Meutia, HRD: Kerjakan Sesuai Spesifikasi dan Libatkan Pekerja Lokal

“Intinya adalah keterlibatan semua elemen masyarakat dalam memberi edukasi, terkhusus anak-anak muda agar senantiasa menjaga kebersamaan,” sebutnya, Minggu, (26/62022).

Selain Anca dan RTQ, hadir pula Kapolsek Tallo Kompol Badollahi, Ketua DPK KNPI Kec Tallo, dan pengurus Bakornas LAPMI PB HMI. Ada pun persertanya adalah perwakilan PJ. RT/RW Kec Tallo dan unsur media.

Lanjut Anca, kejadian-kejadian yang marak terjadi, seperti penyerangan kelompok terhadap pengantar jenazah, anarkisme pengantar jenazah itu sendiri, atau pun kejadian perang kelompok yang kerap pecah di wilayah tertentu terjadi dikarenakan kurangnya edukasi dan bimbingan yang pelaku dapatkan dari ruang-ruang keluarga serta pengawasan dari sekitar tempat tinggalnya. Justru mereka belajar dari lingkungan pergaulan sehari-hari mereka.

Baca juga:  Peringatan Hari Bhayangkara 27 Personel Polres Minsel Naik Pangkat

Sehingga Anca mengatakan jika ruang-ruang itu kembali direbut, mereka diedukasi sejak dari keluarga, kemudian di lingkungan ia bergaul, dan diajak atau dibuatkan tempat penyaluran bakat dan minat, maka akan sangat efektif meminimalisir anarkisme yang melibatkan para pemuda ini.

“Selain dari itu saya juga mengajak seluruh masyarakat termasuk para anak muda untuk berperan penting dalam sukses pelaksanaan program pemerintah kota Makassar di Kec Tallo,” pungkas Anca.

Baca juga:  Peringatan Hari Bhayangkara ke 76 Polres Flotim Gelar Upacara dan Tabur Bunga di TMP Lapak Tanah

Salah satu program unggulan pemerintah, Lorong Wisata (Longwis) adalah manivestasi dari public engagrmen yang dicanangkan pemerintah kota Makassar. Sehingga, tambah Anca, anak muda dan masyarakat umum bisa mengambil peran untuk terlibat di dalamnya.

Sehingga dengan disubukkannya anak-anak muda dalam kegiatan produktif, mereka tidak punya lagi waktu terlibat dalam hal-hal anarkisme dan perbuatan kriminal lainnya. (FN)

Komentar

-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img

Berita Terpopuler

Sitialimah Aceh Meminta Perlindungan Hukum di Polres Nias

Nias, Gerbang Indonesia - Terjadi pengancaman atas diri Sitialimah Aceh yang dilakukan oleh sekelompok oknum keluarga TBN LS bersama dangan kawan-kawannya pada hari Sabtu...

Saat Perbaiki Mesin, Kernet Truk Ditabrak di Tol Jakarta Tangerang

Reporter: Sawijan Jakarta | detikNews.co.id - Disaat memperbaiki truknya yang mogok kernet truk berinisial HDR meninggal dunia di Jalan Tol Jakarta-Tangerang Km 04.300 pada Selasa...

Pj Walikota Dukung Komitmen Akreditasi RSUD Kumpulan Pane

Reporter: J. Saragih Tebing Tinggi| detikNews - Pemerintah Kota bersama jajaran UPTD RSUD dr H. Kumpulan Pane Tebing Tinggi mendeklarasikan komitmen Akreditasi demi upaya mewujutkan...

Riswanto Tukang Becak, Kini Jadi Juragan Buah

Pemalang | detikNews - Adalah Riswanto seorang lelaki berusia 30 tahun, warga Kaligelang, Kecamatan Taman, Pemalang Jawa Tengah. Seorang yang mengalami pasang surutnya kehidupan,...

Penganiaya Ibu Rumah Tangga di Tarutung, berhasil Diringkus Sat Reskrim Polres Taput

Tapanuli Utara, Gerbang Indonesia - Setelah lima hari melarikan diri, tersangka penganiaya seorang ibu rumah tangga atas nama korban Stevy Simanjuntak ( 30 )...

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Desa Bontonyeleng

Reporter: Wahyudi Bulukumba | Gerbang Indonesia - Hujan deras disertai angin kencang menerjang beberapa titik di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), Tak terkecuali di Desa...
-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img
Berita terbaru
Berita Terkait