22.4 C
Indonesia
Sel, 30 Mei 2023
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Selasa, 30 Mei 2023 | 1:02:09 WIB

Cara Membuat Teh Adas Hangat, Sumber Antioksidan Baik untuk Tubuh

Depok | detikNews – Teh adas adalah minuman hangat yang terbuat dari biji adas, tanaman herbal yang dikenal karena manfaat kesehatannya. Teh adas memiliki rasa yang sedikit manis dengan aroma khas adas yang hangat dan menyegarkan. Selain itu, teh adas juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Berikut adalah cara membuat teh adas hangat yang sederhana dan dapat dinikmati sebagai minuman sehat:

Bahan-bahan yang diperlukan:

  1. 1 sendok makan biji adas
  2. 1 gelas air mendidih
  3. Madu atau gula secukupnya (opsional)

Langkah-langkah pembuatan:

  1. Persiapkan biji adas segar atau kering. Biji adas yang segar biasanya lebih kuat aroma dan rasanya, tetapi biji adas kering juga bisa digunakan dengan baik.
  2. Masukkan biji adas ke dalam gelas atau cangkir yang tahan panas.
  3. Tuangkan air mendidih ke atas biji adas. Pastikan biji adas terendam sepenuhnya dalam air. Anda bisa menggunakan teh celup atau saringan teh untuk memudahkan proses penyeduhan.
  4. Biarkan teh adas meresap selama sekitar 5-10 menit. Selama waktu ini, aroma dan rasa adas akan terlepas ke dalam air.
  5. Setelah waktu penyeduhan selesai, Anda bisa menambahkan madu atau gula secukupnya untuk memberikan sedikit rasa manis pada teh adas. Namun, jika Anda ingin menikmati teh adas dalam bentuk aslinya, bisa melewatkan langkah ini.
  6. Aduk teh adas dengan sendok hingga madu atau gula larut dengan baik.
  7. Teh adas hangat siap dinikmati. Anda bisa menikmatinya segera setelah penyeduhan atau menunggu sedikit agar suhunya lebih nyaman.
Baca juga:  Astaxanthin: Antioksidan Paling Kuat yang Telah Ditemukan di Alam

Selain menjadi minuman yang nikmat, teh adas memiliki berbagai manfaat kesehatan. Biji adas mengandung senyawa aktif seperti flavonoid, asam fenolik, dan minyak atsiri yang memiliki efek antioksidan. Manfaat teh adas antara lain:

  1. Membantu pencernaan: Teh adas diketahui memiliki sifat karminatif yang dapat meredakan masalah pencernaan seperti perut kembung, gas, dan gangguan pencernaan lainnya.
  2. Meredakan masalah pernapasan: Aroma adas yang khas dapat membantu meredakan batuk, pilek, dan sesak napas. Minum teh adas hangat dapat membantu membersihkan saluran pernapasan.
  3. Menenangkan pikiran: Teh adas dapat memberikan efek menenangkan pada pikiran dan membantu mengurangi kecemasan dan stres.
  4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh: Kandungan antioksidan dalam teh adas dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.
Baca juga:  Tingginya Antusiasme Pemeriksaan Pap Smear dan IVA di Depok

Namun, penting untuk diingat bahwa teh adas tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum rutin mengonsumsi teh adas atau herbal lainnya.

Itulah cara membuat teh adas hangat, minuman yang lezat dan sehat untuk dinikmati. Dengan mengonsumsi teh adas secara teratur, Anda dapat memperoleh manfaat antioksidan yang baik untuk tubuh. Selamat menikmati teh adas hangat Anda!

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru