website statistics
29.4 C
Indonesia
Mon, 20 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Monday, 20 May 2024 | 15:55:21 WIB

Cara Mudah Membuat Samosa ala India di Rumah

detikNews.co.id | Samosa adalah salah satu makanan khas India yang terkenal di seluruh dunia. Makanan ringan ini terbuat dari kulit tipis yang diisi dengan campuran kentang, kacang polong, dan rempah-rempah yang lezat. Tidak perlu jauh-jauh ke India untuk mencicipi samosa, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah. Berikut adalah cara membuat samosa ala India dengan poin-poin yang mudah diikuti.

  1. Persiapkan Bahan-Bahan Untuk membuat samosa, kamu membutuhkan beberapa bahan seperti kulit samosa, kentang, kacang polong, bawang merah, bawang putih, jahe, cabai, garam, garam hitam, dan minyak goreng. Pastikan kamu sudah mempersiapkan semua bahan dengan benar agar proses pembuatan samosa berjalan lancar.
  2. Membuat Isian Langkah pertama dalam membuat samosa adalah membuat isian. Kupas dan cuci kentang, lalu rebus hingga empuk. Setelah itu, tiriskan dan hancurkan. Panaskan minyak di dalam wajan dan tumis bawang merah, bawang putih, jahe, dan cabai hingga harum. Tambahkan kentang dan kacang polong ke dalam wajan, lalu tambahkan garam, garam hitam, dan rempah-rempah lainnya sesuai selera. Aduk rata dan masak hingga matang. Angkat dan biarkan dingin.
  3. Membuat Kulit Samosa Siapkan kulit samosa dengan mengaduk tepung terigu, minyak, dan sedikit garam dalam mangkuk besar. Tambahkan air sedikit-sedikit sampai adonan tercampur rata dan bisa diuleni. Uleni adonan selama 5-7 menit hingga elastis dan lembut. Bagi adonan menjadi beberapa bola kecil. Gilas setiap bola adonan menjadi lingkaran tipis. Potong lingkaran adonan menjadi dua bagian yang sama besar. Ambil satu bagian dan lipat membentuk segitiga. Rekatkan ujung-ujungnya dengan menggunakan air dan bentuk menjadi kerucut.
  4. Mengisi dan Menutup Samosa Isi kerucut dengan campuran kentang dan kacang polong yang telah dibuat sebelumnya. Rekatkan ujung atas kerucut dengan air untuk menutupnya dan bentuk menjadi segitiga kecil.
  5. Menggoreng Samosa Panaskan minyak dalam wajan dan goreng samosa hingga keemasan dan renyah. Angkat dan tiriskan minyak berlebihan dengan menggunakan tisu dapur.
  6. Siap Disajikan Samosa siap disajikan dan bisa dinikmati dengan saus pedas atau raita (yogurt dengan irisan mentimun dan tomat). Nikmati samosa ala India yang lezat dan menyenangkan di rumah bersama keluarga dan teman-teman.
Baca juga:  Pepes Tahu Jamur dengan Bumbu Kencur: Kelezatan Tradisional yang Menggugah Selera

Kesimpulan: Membuat samosa ala India tidaklah sulit. Dengan mengikuti poin-poin di atas, kamu bisa membuat samosa di rumah dengan mudah. Yang penting adalah mempersiapkan bahan-bahan dengan benar dan mengikuti langkah-langkah dengan teliti. Kamu juga bisa mengganti isian samosa dengan bahan lain seperti daging cincang, sayuran, atau keju sesuai selera.

Samosa adalah makanan yang sangat cocok untuk disantap sebagai camilan atau hidangan pembuka. Selain itu, samosa juga bisa dijadikan makanan bekal untuk dibawa ke kantor atau sekolah.

Baca juga:  Video Viral di Medsos Ibu-ibu Borong Minyak Goreng

Selamat mencoba membuat samosa ala India di rumah! Jangan lupa untuk berbagi dengan keluarga dan teman-temanmu ya! (Sulis)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait