website statistics
26.4 C
Indonesia
Sat, 2 March 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.4 C
Indonesia
Saturday, 2 March 2024 | 8:31:40 WIB

Cara Mudah Membuat Sushi di Rumah

detikNews.co.id | Berikut adalah beberapa langkah untuk membuat sushi:

Bahan-bahan:

  • Nori (rumput laut kering)
  • Sushi Rice (nasi sushi)
  • Air
  • Cuka beras
  • Garam
  • Gula
  • Filling (pilihan Anda, seperti salmon, tuna, alpukat, timun, dan lain-lain)
  • Bahan tambahan (opsional, seperti wasabi, gari, dan soy sauce)

Sushi adalah makanan khas Jepang yang terkenal di seluruh dunia. Biasanya sushi disajikan dalam bentuk gulungan kecil yang terdiri dari nasi sushi, nori (rumput laut kering), dan bahan isi (filling) seperti salmon, tuna, alpukat, dan lain-lain. Membuat sushi sendiri di rumah tidaklah sulit, dan Anda bisa menyesuaikan bahan isi (filling) dengan selera Anda. Berikut adalah cara mudah untuk membuat sushi di rumah:

  1. Persiapkan bahan-bahan yang diperlukan, seperti nori, nasi sushi, cuka beras, garam, gula, bahan isi (filling), dan bahan tambahan (opsional) seperti wasabi, gari, dan soy sauce.
  2. Cuci beras dengan air dingin hingga air menjadi jernih. Kemudian, masak beras dengan air sesuai dengan instruksi pada kemasan.
  3. Setelah beras matang, tambahkan campuran cuka beras, garam, dan gula ke dalam beras. Aduk rata dan biarkan beras dingin.
  4. Potong bahan isi (filling) menjadi ukuran yang sesuai untuk digulung. Misalnya, potong salmon atau tuna menjadi potongan yang tipis dan panjang.
  5. Ambil selembar nori dan letakkan dengan sisi halus ke bawah.
  6. Ambil sejumput nasi sushi dan ratakan di atas nori. Biarkan jarak sekitar 2 cm di bagian atas nori agar mudah digulung.
  7. Letakkan bahan isi (filling) di atas nasi. Jangan terlalu banyak karena sulit untuk digulung.
  8. Mulailah menggulung sushi dari bawah ke atas, dan jangan terlalu ketat. Pastikan isi (filling) tetap di dalam gulungan.
  9. Saat gulungan mencapai bagian atas nori, oleskan sedikit air pada sisi nori yang tidak diberi nasi. Kemudian, gulung nori hingga berbentuk bulat dan rapat.
  10. Potong sushi menjadi beberapa bagian menggunakan pisau yang tajam. Bersihkan pisau antara pemotongan untuk hasil yang lebih rapi.
  11. Hidangkan sushi dengan tambahan wasabi, gari, dan soy sauce sesuai selera.
Baca juga:  Resep Tumis Kangkung Praktis dengan Rasa yang Menggoda Lidah

Membuat sushi di rumah tidaklah sulit. Dengan langkah-langkah sederhana di atas, Anda bisa menikmati sushi segar yang dibuat sendiri. Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan bahan isi (filling) dengan selera Anda. Jadi, coba buat sushi di rumah dan nikmati makanan khas Jepang ini dengan keluarga atau teman-teman Anda! (Sulis)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait