website statistics
31.4 C
Indonesia
Tue, 23 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

31.4 C
Indonesia
Tuesday, 23 April 2024 | 15:52:51 WIB

Cegah Masalah Lingkungan, Satgas DPUPR Kota Depok Angkat Sampah di Kali Cabang Timur

Depok | detikNews – Satu regu Satuan Tugas (Satgas) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok terdiri dari 10 orang hari ini melakukan pengangkatan sampah di Kali Cabang Timur (KCT), Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas.

Hal ini dilakukan secara rutin untuk mencegah penumpukan sampah di jaring pembatas yang bisa menimbulkan masalah seperti banjir atau luapan air akibat sumbatan sampah.

Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty, mengungkapkan bahwa sampah harus segera diangkat agar tidak menimbulkan masalah baru. Satgas dan pihaknya juga menerjunkan satu unit dumptruk untuk mengangkut sampah dan membawanya ke Tempat Penampungan Akhir (TPA) Cipayung.

Baca juga:  Menggenjot Serapan Anggaran Proyek Fisik 2023, DPUPR Kota Depok Lakukan Ini

“Iya, kami turunkan satu regu satgas untuk melakukan pengangkatan sampah KCT yang berada di areal Balai Kota Depok. Sampah ini terbawa dari hulu menuju hilir dan tersangkut di jaring yang sengaja dipasang,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty, Jumat (31/03/23)

Namun, Citra mengatakan bahwa tidak ada target khusus untuk pengangkatan sampah ini karena setelah diangkat, sampah akan terus muncul, terutama selama musim hujan di mana sampah mudah terbawa arus.

Baca juga:  Santriwati di Magetan Muncul dengan Airsoft Gun, Manajemen Ponpes Angkat Bicara
Kali Cabang Timur (KCT), Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas yang sudah di angkut sampahnya. (Foto:istimewa)

Citra berharap agar masyarakat bisa membantu melakukan normalisasi saluran secara swadaya karena saat ini sedang memasuki musim penghujan yang rentan akan adanya genangan maupun banjir. Dia juga meminta warga untuk menjaga dan merawat lingkungan sekitar.

“Kami harap, masyarakat juga turut membantu pemerintah dalam melakukan normalisasi saluran air. Kami juga meminta warga untuk menjaga dan merawat lingkungan,” tuturnya.

Baca juga:  Rekondisi Hand Hole Kelapa Dua Depok, Upaya DPUPR untuk Meningkatkan Keamanan Jalan Raya

Sementara itu, Koordinator Satgas Lapangan Rahmat Syarifudin mengatakan bahwa pekerjaan pengangkatan sampah dilakukan secara rutin tanpa target penyelesaian yang khusus.

“Beberapa pekan lalu juga telah dilakukan pembersihan di lokasi yang sama. Jenis sampah yang ditemukan beragam, namun sterofoam mendominasi. Salah satu kendala di lapangan adalah ketika sampah sudah terbawa ke dalam kali, sampah itu menjadi berat sehingga memerlukan tenaga ekstra untuk mengangkatnya,” bebernya. (Edh)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait