website statistics
29.4 C
Indonesia
Sat, 20 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Saturday, 20 April 2024 | 16:54:36 WIB

Cegah Stunting di Desa Korleko, Kelompok KKN Tematik Unram Agendakan Diversifikasi Pangan dan Pengolahan Makanan Bergizi

Reporter: H. Syamsul Hadi

Lombok Timur, NTB | detikNews.co.id – Kelompok KKN Tematik dari Unram di Desa Korleko kecamatan Labuhan Haji kabupaten Lombok Timur melangsungkan kegiatan Diversifikasi pangan dan Pengolahan makanan bergizi sebagai salah satu upaya preventif dalam pemenuhan gizi bagi balita dan anak-anak, serta Ibu Hamil dalam upaya mencegah dan menanggulangi stunting di Desa Korleko yang bertempat di Aula Kantor Desa Korleko, Jum’at (15/07/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ke 26 Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dibuka Arifizi Mita Raga kelompok dibarengi dengan sosialisasi dan demo informasi terkait dengan Diverifikasi Pangan dan Pengolahan Makanan Bergizi.

Baca juga:  Jalinan Silaturahmi dan Komunikasi Akan Tetap Ada Meski Tidak Bersama

Ia menjelaskan maksud dan manfaat pengolahan makan bergizi serta Diversifikasi pangan ditujukan agar masyarakat khususnya ibu-ibu mampu memenuhi kebutuhan gizi anak dan balita mereka.

“Diversifikasi pangan merupakan kegiatan atau cara pengolahan biji-bijian ataupun Sumber Daya Alam alternatif Desa setempat yang diolah sebagai salah satu pengganti bahan makanan pokok seperti beras” jelas Arifizi.

Baca juga:  Hukum Tua Kakenturan Barat Gelembungkan Jumlah Pekerja dalam LPJ 2021

Bahan pokok yang digunakan dalam pembuatan produk tersebut adalah Jagung. “Alasan memilih jagung karena memang merupakan komoditas pertanian Desa setempat dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.” Kata ketua kelompok itu.

Kegiatan yang dihadiri kurang lebih 24 Kader Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang mewakili setiap dusun masing-masing, Sekertaris Desa serta beberapa Perangkat Desa lainnya sebagai bentuk atensi dan dukungan untuk membantu dan belajar cara pembuatan serta pengolahan tersebut serta manfaat produk yang dibuat oleh Kelompok KKN Tematik Unram Desa Korleko.

Baca juga:  Bantuan Peduli Anak Stunting dari DANREM 045/GAYA untuk Desa Aik Seruk Belitung

“Gerakan Diversifikasi Pangan dan Pengolahan Makanan Bergizi (Pembuatan Susu Jagung dan Bubur Jagung oleh KKN Tematik UNRAM Desa Korleko sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil dan balita.” Kata Arifizi penuh semangat mengarahkan ke peserta yang hadir. (HSH)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait