website statistics
22.4 C
Indonesia
Fri, 26 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Friday, 26 April 2024 | 3:11:53 WIB

Cibaduyut, Sebuah Destinasi Wisata Kreatif yang Menawarkan Kualitas Produk Unggul

Bandung | detikNews – Yana Mulyana, Walikota Bandung, meresmikan Kampung Wisata Kreatif (KWK) ke-7 di kotanya yang berlokasi di sentra sepatu Cibaduyut. KWK merupakan salah satu janji Walikota, dengan target berdirinya 8 KWK di Bandung.

Enam KWK lainnya berlokasi di Braga, Cigadung, Rajut Binongjati, Literasi Cinambo, Cigondewah, dan Pasir Kunci.

Menurut Yana, Cibaduyut terkenal memproduksi sepatu kulit berkualitas tinggi dan masih menjadi salah satu tujuan belanja populer di Bandung.

“Tempat ini bisa menghasilkan barang unggulan dan menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi di kawasan Cibaduyut,” kata Yana saat pembukaan KWK Sentra Sepatu Cibaduyut pada Senin, 13 Maret 2023.

Baca juga:  Diskarpus Kota Depok Berganti Kepemimpinan: Etty Suryahati Siap Lanjutkan Program Kerja dengan Sinergi dan Kolaborasi Baru

Ia menjelaskan, esensi pariwisata Bandung bertumpu pada kreativitas dan inovasi. Strategi tersebut dilakukan dengan menciptakan desa wisata kreatif yang biasanya berbasis keterampilan masyarakat setempat.

“Pusat ini sudah dilengkapi infrastruktur seperti pembuatan paket wisata. Jadi, masyarakat bisa berwisata berbasis shuttle, artinya tidak perlu membawa mobil pribadi sendiri, sehingga lebih mudah mengurangi kemacetan lalu lintas,” ujarnya. .

Yana berharap pengaktifan kampung sepatu kreatif Cibaduyut akan membawa dampak yang signifikan bagi perekonomian Kota.

Baca juga:  Kota Bandung Memasuki Usia 213 Tahun dengan Logo Baru yang Penuh Makna

“Kali ini kita aktifkan Desa Wisata Kreatif Cibaduyut. Setelah ini kita aktifkan Desa Wisata Kreatif Gedebage,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Arief Syaifudin mengatakan, Pemkot Bandung berkomitmen mewujudkan kota yang unggul, nyaman, sejahtera, dan religius, khususnya di bidang pariwisata, ekonomi, dan seni kreatif.

“Disbudpar bekerjasama dengan mitra pemerintah dan non pemerintah. Desa wisata ini merupakan salah satu janji Walikota dalam mengembangkan 8 desa wisata kreatif,” jelasnya.

Baca juga:  Kota Bandung Membangun Kemandirian Pangan Melalui Gerakan Buruan Sae

Ia meyakinkan pengaktifan desa wisata ini sudah memenuhi standar desa wisata kreatif.

“Ini merupakan energi budaya dan ekonomi kreatif yang positif di Bandung,” imbuhnya.

Di sisi lain, Asep Mulyadi, salah satu anggota Panitia DRRD Bandung, menilai sentra sepatu Cibaduyut patut mendapat perhatian di Indonesia.

“Produk mereka sangat bagus. Salah satu produk pengrajin bahkan sampai ke Italia. Ini menunjukkan kreativitas masyarakat Bandung yang luar biasa. Tugas kami memberikan fasilitas dan membantu pemasaran untuk memaksimalkan potensi mereka,” ujarnya. (Edh)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait