website statistics
27.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

27.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 19:09:48 WIB

Coba Resep Kue Balok Lezat untuk Mengenyangkan Selera

Depok | detikNews – Kue balok adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang populer. Kue ini memiliki tekstur yang padat dan rasanya yang manis. Dalam artikel ini, kami akan membagikan resep kue balok yang lezat dan mudah dibuat. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat kue balok yang nikmat dan mengenyangkan!

Bahan-bahan yang Diperlukan:

  • 200 gram tepung terigu
  • 200 gram gula pasir
  • 150 ml santan kental
  • 4 butir telur
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh vanili
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 sendok makan margarin, cairkan
  • Daun pisang atau kertas roti untuk alas
Baca juga:  Dorayaki - Resep dan Cara Mudah Membuat Kue Jepang yang Lezat

Langkah-langkah Pembuatan:

  1. Pertama, siapkan loyang persegi dengan ukuran sekitar 20×20 cm. Alasinya dengan daun pisang atau kertas roti untuk mencegah adonan menempel pada loyang.
  2. Dalam sebuah mangkuk besar, kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan berwarna putih. Gunakan mixer dengan kecepatan sedang untuk hasil yang lebih baik.
  3. Setelah itu, tambahkan tepung terigu, baking powder, vanili, dan garam ke dalam mangkuk. Aduk rata menggunakan spatula atau whisk.
  4. Selanjutnya, tuangkan santan kental dan margarin cair ke dalam adonan. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur sempurna dan tidak ada gumpalan tepung yang tersisa.
  5. Panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 180 derajat Celsius.
  6. Setelah oven panas, tuangkan adonan kue balok ke dalam loyang yang telah disiapkan sebelumnya.
  7. Panggang kue dalam oven selama sekitar 30-35 menit atau hingga bagian atasnya berwarna kecokelatan dan ketika tusuk gigi dimasukkan ke dalamnya, tidak ada adonan yang menempel.
  8. Setelah matang, keluarkan kue dari oven dan biarkan dingin sejenak. Kemudian potong kue balok menjadi bentuk kotak atau sesuai dengan selera Anda.
  9. Kue balok siap disajikan! Nikmati kue ini sebagai camilan atau hidangan penutup yang lezat. Jika disimpan dalam wadah kedap udara, kue balok dapat bertahan selama beberapa hari.
Baca juga:  Resep Pindang Bandeng Kecap: Bumbu Meresap dan Tidak Mudah Hancur

Kue balok adalah makanan tradisional Indonesia yang lezat dan mengenyangkan. Dengan resep di atas, Anda dapat dengan mudah membuat kue balok sendiri di rumah. Jangan ragu untuk mencoba variasi dengan menambahkan kacang, cokelat, atau keju di dalam adonan untuk menghasilkan rasa yang berbeda. Selamat mencoba dan selamat menikmati kue balok yang lezat!. (In)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait