website statistics
30.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

30.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 13:38:20 WIB

David Mengalami Perkembangan, Dilatih Berdiri dengan Terapi Tilting Table untuk Meningkatkan Motorik Kaki dan Memperkuat Saraf

Jakarta | detikNews – Perwakilan keluarga Cristalino David Ozora, Alto Luger, menyatakan kondisi David semakin hari semakin membaik setelah dianiaya secara brutal oleh Mario Dandy Satriyo. Dalam sepekan terakhir, David menjalani terapi untuk membantunya berdiri.

“Dalam sepekan terakhir, dia sudah mendapat terapi berdiri yang dilakukan dengan menggunakan meja miring,” kata Alto kepada wartawan di Mayapada Hospital, Jakarta Selatan, Minggu (26/3/2023).

Alto menjelaskan bahwa terapi meja miring membantu David berdiri dengan penyangga. David akan dibantu berdiri untuk melatih otot-otot di kakinya.

Baca juga:  GP Ansor dan Kajati Menegaskan Tidak Ada Tawaran Damai untuk David pada Jumpa Pers Bareng

“Artinya dia (David) tidak berdiri sendiri, tapi ada penyangga di belakangnya. Dia diikat untuk berdiri agar otot motoriknya, terutama di kaki dan tulang belakangnya, bisa dilatih sejak dia tidur selama sebulan,” dia berkata.

Alto menyatakan, sejauh ini, hanya inilah terapi yang diberikan kepada David. Terapi akan berfokus pada gerakan kaki dan lengan David.

“Itu semua terapi yang telah diberikan kepada David. Dan juga gerakan kaki dan lengannya. Jika melihat foto-foto yang dirilis keluarga, terlihat posisi tidurnya berubah, dia biasa tidur dalam satu posisi. , sekarang dia bisa tidur miring,” ujarnya.

Baca juga:  Perbaiki Jalan Lingkungan RW20 Kelurahan Depok, H.Imam Musanto Bersama Dinas PUPR Konsisten Berikan Pelayanan Terbaik Bagi Masyarakat

Alto mengatakan kondisi fisik David terus membaik. Namun, akibat kekerasan yang dilakukan di bagian belakang kepalanya, masalah terbesar adalah saraf David.

“Jadi secara fisik, tubuhnya sudah menunjukkan perbaikan. Masalah yang paling parah ada di saraf David,” pungkasnya.

Sebelumnya, paman David, Rustam Hatala, membeberkan kondisi terkini David. Pada hari ke-33 dirawat di ICU, mata David mulai merespon gerakan.

“Jadi hari ini hari ke-33. Sebenarnya ada satu perkembangan yang baik hari ini dari segi penglihatan, respon David. Jadi matanya mulai merespon gerakan dibandingkan sebelumnya,” kata Rustam Hatala saat ditemui di RS Mayapada Jakarta Selatan, Sabtu. (25/3/2023).

Baca juga:  Kuasa Hukum AG Beberkan Fakta, AG dan Mario Dandy Sudah Tidak Berpacaran

Rustam mengatakan, David rutin menjalani fisioterapi. Berkat fisioterapi, David telah menunjukkan kemajuan yang signifikan dengan mampu berdiri selama 20 menit.

“Posisi berdirinya juga ada peningkatan. Sekarang David bisa diposisikan berdiri lebih lama. Sebelumnya, dia dilatih berdiri sekitar 20 menit agar tidak kaku,” jelasnya.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait