27.4 C
Indonesia
Sel, 6 Juni 2023
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

27.4 C
Indonesia
Selasa, 6 Juni 2023 | 20:31:45 WIB

Dengan Misi Mengembangkan Aspirasi dan Swadaya Murni Masyarakat, Rusli Ridwan Siap Pimpin Ketua RT03/RW013

Depok | detikNews – Dalam rangka ajang kontestasi Pemilihan para Ketua RT se- RW013, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. Dengan mengusung Misi dan Visi mengembangkan aspirasi serta swadaya masyarakat, Rusli Ridwan calon Ketua RT03/RW013 siap pimpin masyarakat dengan menyamaratakan hak dan kewajiban dalam mengelola lingkungan menuju kearah yang lebih baik.

Rusli mengatakan, bahwa tugas pokok seorang RT dan RW selaku pemangku wilayah dari struktural organisasi penyelenggara negara adalah, mampu mengakomodir harapan masyarakat dalam upaya mewujudkan lingkungan yang sehat, kondusif, adil, dan sejahtera.

“Tupoksi dari para Ketua RT dan RW sejatinya mampu melancarkan pelayanan masyarakat. Dalam hal ini meningkatkan kinerja pemerintah Desa/Keluarahan dalam menangani warga, serta mampu mewujudkan harapan masyarakat yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 sebagai patokan dalam merealisasikan tujuan pembangunan bangsa dan negara”, ucapnya. Sabtu 21/5/2022.

Baca juga:  Jaga Transparansi, Kapolri Menonaktifkan Karo Paminal dan Kapolrestro Jakarta Selatan

“Menurut saya tugas dan fungsi Ketua RT adalah, mampu membuat tim kerja yang solid, dalam upaya membantu menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat yang menjadi tanggungjawab Pemerintah Pusat dan Daerah. RT bersama tim kerja idealnya, dapat memelihara kerukunan hidup warga, dengan menyusun rencana serta melaksanakan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat, dan menjadi leader dalam pengkoordinasian antar warga”, ungkapnya.

Lebih lanjut Rusli memaparkan Visi dan Misinya dalam memimpin warga diwilayahnya dengan mengedepankan kepentingan kebutuhan masyarakat baik dari internal maupun eksternal.

“Visi saya asalah terwujudnya kerukunan hidup antar warga, yang dilandasi dengan akhlaq mulia dan toleransi kebersamaan yang harmonis, aman, damai dan sejahtera”, jelas Rusli.

“Kemudian misi saya yaitu : menjalin kerukunan antar warga dan umat beragama, menjalin kerjasama dalam menjaga serta memelihara kebersihan dan keamanan lingkungan, yang bersinergi dengan Pemkot Depok beserta para stakeholdernya. Santun dalam menghadapi suatu persoalan yang dihadapi baik dari Internal maupun Eksternal. Kemudian bersifat objektif dan transparan pada pengelolaan administratif untuk memfasilitasi keinginan warga dalam berbagai kegiatan sosial”, paparnya.

Baca juga:  Pemuda di Jakarta Selatan Mengalami Rasa Kesal dan Memukul Ayah Kandung Setelah Disuruh-suruh

Rusli menambahkan, peningkatan mutu pelayanan warga dalam hal administrasi kependudukan sangat perlu dilakukan, guna menggali potensi warga untuk pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat dalam menyambut program kerja Pemerintah baik Pusat maupun Daerah.

“Pelaksanaan tata kelola administrasi yang akuntable dengan membuat database lengkap biodata warga akan kita lakukan. Dari hal tersebut akan mempermudah proses pelayanan warga baik dari segi kesehatan maupun pada permasalahan sosial lainnya”, tambah Rusli.

Baca juga:  Pesan Kolaboratif Bunda Elly: Bersama Menangani TBC Demi Kesehatan yang Lebih Baik

“Validasi database warga akan berfungsi melancarkan program kerja Pemerintah dari segala usia. Contoh, dari database tersebut kita akan mengetahui pasti berapa banyak usia Balita, Lansia, serta usia usia produktif warga. Dari sinilah akan timbul kemudahan-kemudahan penyaluran program kerja Pemerintah berdasarkan data yang benar-benar valid” sambungnya.

Rusli berharap, Visi dan Misinya ini akan mampu melakukan perubahan yang signifikan dalam upaya membangun lingkunan yang searah dengan arah pembangunan Pemerintah.

“Visi Misi saya tidak mungkin akan terlaksana tanpa adanya sinergitas aktif dari warga, tanpa adanya dukungan yang penuh dari semua pihak. Untuk itu mari bersama Rusli Ridwan kita bangun lingkungan bersama secara merata menuju masa terbaik Kota Depok yang Maju, Berbudaya, dan Sejahtera”, pungkasnya.(Arifin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru