27.4 C
Indonesia
Sel, 6 Juni 2023
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

27.4 C
Indonesia
Selasa, 6 Juni 2023 | 20:25:52 WIB

Dengan Modus Penggandaan Uang Pria Asal Karangmalang Berhasil Tipu Warga, Berujung Ditangkap Polsek Sidoharjo Sragen

Reporter: Sawijan

Sragen | detikNews.co.id – Dengan modus pengganda uang Kasimin dilaporkan korbannya ke Mapolsek Sidoharjo. Berujung dibekuk jajaran Polsek Sidoharjo Sragen Jawa Tengah.

Kapolsek Sidoharjo AKP Harno menuturkan kepada detikNews.co.id dalam keterangan pers nya mewakili Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama, pada Kamis (28/7/2022).

Menurut warga aksi pria asal warga asal Dukuh Pungkruk, Desa Plosokerep, Kecamatan Karangmalang, Sragen, ini sudah meresahkan masyarakat dan memakan korban, dengan dalih bisa menggandakan uang dengan tipu daya pelaku.

Baca juga:  Tiga Remaja Diduga Anggota Geng Motor Diamankan Warga Desa Cinangneng, Kabupaten Bogor

Pelaku ditangkap usai kedapatan menipu salah satu korbannya asal Sidoharjo senilai Rp 8 juta dengan menjanjikan uang bisa berlipat ganda hingga sebesar Rp 450 juta,” katanya.

Pada tanggal 8 Juli 2022, korban dan pelaku berkenalan di sebuah warung. Seusai berkenalan korban mengeluh dengan keadaannya, karena memiliki hutang banyak. Mendengar keluhan korban, pelaku merencanakan sesuatu, menawarkan solusi untuk menggandakan uang. Tetapi ada syarat yang harus disiapkan oleh korban, yakni korban harus menyediakan uang untuk pembelian dua ekor kambing untuk syukuran,” ungkap AKP Harno.

Baca juga:  Diduga Intimidasi Wartawan atas Seruan Kades, Oknum Anggota Karang Taruna Pusakamulya Kecamatan Kiarapedes Purwakarta Dipolisikan

“ Dengan persyaratan tersebut korban berhasil dibujuk dan menyiapkan uang Rp 8 juta dengan dalih untuk dipakai membeli dua ekor kambing sebagai persembahan syukuran penggandaan uang.

“Setelah uang dimasukkan kardus, pelaku kemudian meminta korban mengambil tanah dari halaman rumah untuk dicampur dengan uang sebagai syarat ritual di rumah korban. Saat mengambil tanah itulah, uang diambil dan dimasukan ke dalam jaket pelaku,” katanya.

Baca juga:  Sengketa Lahan UIII, Warga Bojong Malaka Do'a Bersama Usai Sidang

Selesai melaksanakan ritual itu, pelaku kemudian mewanti-wanti korban agar kardus dibuka keesokan harinya hingga jam 12 malam, dengan pelaku berjanji uang akan berlipat ganda dengan sendirinya menjadi Rp 450 juta. tuturnya.

Setelah kardus dibuka, uang yang dijanjikan tidak ada. Merasa tertipu oleh pelaku, korban kemudian melapor ke polisi. (sw)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru