website statistics
24.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 21:34:48 WIB

Departemen Biologi FMIPA UI Buatkan Depot Pupuk Cair Bagi Para Petani, Dalam Upaya Mengurangi Penggunaan Pupuk Kimia

Depok | detikNews – Indonesia dikenal sebagai negara agraris, karena sebagian besar masyarakatnya bekerja di sektor pertanian, dan potensi Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia sangat melimpah. Salah satunya berada di Desa Sembalun, yang merupakan daerah dengan kesuburan lahan yang luar biasa dan sebagian besar warganya berprofesi sebagai Petani. Desa yang terletak di kaki Gunung Rinjani tersebut telah lama dikenal sebagai sentra produksi Bawang Putih.

Kesuburan lahan dan letak geografisnya memungkinkan petani Sembalun menanam berbagai Hortikultura seperti : Kopi, Buncis, Cabe, Stroberi, Kentang dan lain-lainnya yang juga mulai diminati Petani untuk dikembangkan.

Pupuk merupakan komponen penting bagi Petani dalam pengolahan lahan untuk mendapatkan produktivitas hasil panen yang baik. Tim Pengabdian Masyarakan FMIPA UI, pernah mengenalkan pembuatan pupuk cair organik kepada para Petani Desa Sembalun di tahun 2019, namun sampai saat ini sebagian Petani masih menggunakan pupuk kimia dalam mengolah lahan pertaniannya, karena kemudahan ketersediaan pupuk tersebut.

Baca juga:  Potret Buruk Kinerja Dishub di Hari Jadi Kota Depok Ke-24

Penggunaan pupuk kimia yang terus-menerus dapat berbahaya bagi lahan pertanian, karena dapat merusak tanah dan mengganggu keseimbangan unsur hara yang ada di dalamnya. Pupuk kimia juga dapat membunuh mikroorganisme yang bermanfaat bagi tanaman, dan mampu menghambat pembusukan senyawa organik yang baik bagi tanaman.

Berdasarkan hal tersebut, tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) FMIPA UI yang diketuai oleh Dr. Retno Lestari beserta dosen lainnya yaitu Dr. Ratna Yuniati dan tiga mahasiswa yang terdiri atas Windya Fajira, Bismi Yasinta Maharani, dan Muhammad Aqmal Danish mencoba memberikan solusi dalam kemudahan akses para Petani untuk mendapatkan pupuk organik.

Baca juga:  Diduga Ada Permainan Anggaran, Baru Selesai Dibetonisasi Jalan Lingkungan di Desa Mampir Sudah Retak

Program tersebut mengajak masyarakat untuk membangun depot pupuk cair yang dapat dikelola warga untuk mempermudah dalam mendapatkan suplai pupuk cair organik. Program Depot Pupuk Cair diselenggarakan oleh Tim Pengmas FMIPA UI bersama Yayasan Pandu Cendekia, yang didukung oleh Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM) UI. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 5-9 Agustus 2022 di Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Baca juga:  Pola Kerja Terbaru ASN Pemerintah Kota Tangerang Selama Ramadan 2023

Adanya Depot Pupuk Cair, sebagai pemenuhan suplai pupuk organik cair yang dikomposisikan sesuai kebutuhan tanaman para petani Desa Sembalun, diharapkan mampu mengurangi penggunaan pupuk kimia di desa tersebut, sehingga kesuburan lahan di Desa Sembalun dapat terus terjaga.

Sementara itu, Murtadi sebagai bagian dari Komunitas Petani Sembalun menyambut baik program tersebut.

“Depot pupuk cair merupakan salah satu solusi yang dibutuhkan oleh para petani di Desa Sembalun. Menurut saya depot ini perlu lebih menjamur lagi sehingga petani bisa merasakan manfaat dari pupuk organik”, ujar Murtadi.(Arifin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait