website statistics
28.4 C
Indonesia
Tue, 23 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Tuesday, 23 April 2024 | 19:07:10 WIB

Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok Evakuasi Sarang Tawon Vespa yang Membahayakan

Depok | detikNews – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok berhasil mengevakuasi sarang tawon vespa yang berada di atap rumah warga di Jalan Cagar Alam Raya, Gang Nyamuk, RT 05 RW 06, Kelurahan Pancoran Mas pada Kamis (25/05/23) malam. Proses evakuasi tersebut berlangsung selama 30 menit.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos, menyatakan bahwa pihaknya menerima laporan pada pukul 11:22 WIB. Petugas segera merespons laporan tersebut dan tiba di lokasi pukul 19:35 WIB. Evakuasi berhasil dilakukan pada pukul 20:05 WIB.

Baca juga:  Puluhan Geng Motor di Puring Kebumen Dibubarkan

Welman menjelaskan bahwa evakuasi dilakukan pada malam hari untuk menghindari keramaian dan potensi serangan dari tawon tersebut.

“Tawon jenis vespa memiliki racun yang berbahaya dan sengatannya dapat berakibat fatal. Oleh karena itu, evakuasi dilakukan dengan cepat untuk menjaga keselamatan warga sekitar,” ujar Welman.

Dalam evakuasi ini, Dinas Damkar menurunkan empat personel dari Pos Wali. Mereka dilengkapi dengan peralatan seperti semprotan anti-serangga, kompor semawar, helm, sarung tangan, dan senter.

Baca juga:  Tim Damkar Depok Bantu Padamkan Kebakaran di TPA Sarimukti

Welman menyampaikan kelegaannya karena tim Damkar berhasil mengevakuasi sarang tawon dengan peralatan yang memadai. Ia juga mengingatkan kepada warga agar tidak mencoba menangani hewan berbahaya sendiri jika ditemui di sekitar rumah atau lingkungan mereka.

Warga diminta untuk segera menghubungi Damkar melalui nomor telepon 021-77827280 atau melalui Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112. Selama menunggu petugas Damkar datang, warga diharapkan tetap tenang dan memperhatikan gerakan hewan tersebut. (Roni)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait