website statistics
26.4 C
Indonesia
Mon, 26 February 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.4 C
Indonesia
Monday, 26 February 2024 | 11:20:46 WIB

Dinyatakan Lulus, Murhaban Raih Gelar Non Akademik Certified Public Speaking

Lhoksukon | detikNews – Murhaban, SH dinyatakan lulus dan memenuhi semua persyaratan serta berhak memakai gelar Non Akademik Certified Public Speaking (CPS), itu ia dapatkan setelah mengikuti program sertifikasi tersebut yang digelar oleh WelldoneSkills Nawara Pratama dan LKP Theta Institute.

“Alhamdulillah, telah selesai mengikuti pelatihan program Certified Public Speaking selama 32 jam, dan dinyatakan lulus serta berhak memperoleh gelar Non Akademik CPS. Semoga ilmu yang telah diperoleh ini berkah dan bermanfaat untuk diri sendiri dan kepada yang lainnya” kata pemuda energik asal Lhoksukon itu yang juga pengarah acara Komunitas Pemuda Subuh (Kompas) Aceh Utara kepada media ini, Minggu (28/01/2024).

Murhaban merupakan pemuda yang multi talenta dan sebagai MC All Event yang dikenal aktif memandu berbagai acara di Kabupaten Aceh Utara dan yang pernah didapuk sebagai MC ditingkat Nasional itu juga mengatakan bahwa pelatihan sertifikasi CPS ini diikuti oleh puluhan peserta khusus dan terbatas dari berbagai wilayah dan daerah di Indonesia melalui Live On Zoom, mulai tanggal 22 hingga 24 Januari 2024.

Baca juga:  Rencana Simulasi Banjir Kabupaten Nagan Raya: BPBA Gelar Serangkaian Kegiatan Persiapan di Grand Nagan Hotel

Peraih Nomine Penyuluh Agama Islam Award Kemeng RI Tahun 2023 yang akrab disapa Tgk. Murhaban itu menyampaikan tentang materi yang dipelajari dan didapatkan selama mengikuti program sertifikasi CPS tersebut.

Adapun beberapa materi yang diajarkan, diantaranya tips dan trik tahapan membuat materi yang efektif, teknik dasar mengolah vokal dan sikap berbicara, strategi personal branding public speaker, optimalisasi bodylanguage dan microexpression, rahasia mengatasi grogi dan nervous hitungan menit, materi dasar 5 hukum komunikasi efektif, teknik membangun kedekatan dengan audience, teknik percakapan yang menghipnotis audience, dan teknik rahasia exspresive comunication serta banyak materi lainnya.

Murhaban Anggota Humas PW IPARI Aceh itu juga menceritakan, bahwa didalam pembelajaran CPS ini bisa saling berbagi dengan peserta lain.

Baca juga:  Khutbah Jum'at Masjid Besar Al Ihsan Lhoksukon, Tgk. Murhaban : Bertakwalah, Meneladani Rasul dan Doa' Kan Palestina

“Dan kemarin selama 3 hari kami mendapat ilmu seperti memahami dan mempraktikan berbagai teknik public speaking, memahami dan mempraktikan materi Hypnosis NLP Public Speaking, memahami dan mempraktikan berbagai formula Public Speaking, portofolio Certified, Public Speaking serta praktik penugasan Certified Public Speaking,” lanjut Bendahara Pergunu Aceh Utara itu.

Menurut Humas PC RTA Aceh Utara itu, dengan adanya kemampuan public speaking yang baik dan mumpuni tentunya akan memudahkan siapa saja dalam menyampaikan visi dan
gagasannya, serta bisa meyakinkan kepada audiens-nya.

Apa lagi di era Revolustri Industri 4.0 atau 5.0 ini, lanjut Murhaban yang juga Humas DPD BKPRMI Aceh Utara, bahwa kemampuan public speaking bagi siapapun sangat dibutuhkan. Begitu juga dengan digitalisasi yang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia, sudah sepatutnya didukung pula dengan keterampilan dan kecakapan digital para penggunanya.

“Begitu juga bagi para Penyuluh Agama Islam yang rutinitasnya melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat, baik pelaksanaan secara langsung ataupun tidak langsung, seperti menyuluh di medsos dan sebagainya” tutur Penyuluh Agama Islam KUA Paya Bakong, Kab. Aceh Utara itu.

Baca juga:  Murhaban Raih Juara II Naskah Terbaik Lomba Cerpen Nasional

Murhaban yang juga kader GP Ansor dan Nahdiyin serta Pengurus MPC Pemuda Pancasila Aceh Utara dan Sekretaris KNPI Lhoksukon itu menghaturkan terimakasih kepada fasilitator kegiatan Certified Public Speaking tersebut.

“Terima kasih coach Iqbal Pugar Ramadhan dan coach Nico Pracahya yang telah memberi ilmu sakaligus dikukuhkan untuk mendapatkan gelar non akademik CPS,” ucap Murhaban penggiat literasi yang juga peraih juara II Naskah Terbaik Lomba Cerpen Nasional ALP Tahun 2023 itu.

Dikatakannya, dalam sertifikat tertulis telah menyelesaikan program studi dengan memuaskan dan telah memenuhi standar profesional yang diterima, dengan segala hak istimewa dan tanggung jawab di dalamnya. Sebagai buktinya, ini dibubuhkan tanda tangan. (RM)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait