website statistics
30.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

30.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 14:11:35 WIB

Dirjen Minerba Eks Kementerian ESDM Menjadi Tersangka Kasus Tukin, Diperiksa KPK dan Bantah Menerima Aliran Uang Korupsi

Jakarta | detikNews – KPK sedang melakukan penyidikan terhadap dugaan kasus korupsi pemotongan tunjangan kinerja (tukin) bagi aparatur sipil negara (ASN) di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Pada hari ini, enam orang telah diperiksa oleh tim penyidik KPK, Rabu (10/5/2023).

Salah satu dari mereka yang diperiksa adalah Ridwan Djamaluddin, mantan Dirjen Minerba Kementerian ESDM. Plt Deputi Penindakan KPK, Asep Guntur, menyatakan bahwa Ridwan Djamaluddin diperiksa sebagai saksi dalam kasus tersebut.

Baca juga:  Irwan Ramadhan Kardiwan, SE,.Pengusaha Air " Indung Rahayu Kahuripan " Nyaleg di Kandang Banteng

Selain Ridwan Djamaluddin, lima orang saksi lain yang dipanggil KPK pada hari ini berasal dari pihak pegawai negeri sipil dan karyawan swasta. KPK juga memanggil seorang office boy pada Ditjen Minerba Kementerian ESDM.

Ridwan Djamaluddin sendiri telah selesai menjalani pemeriksaan pada pukul 18.15 WIB. Namun, Ridwan tidak banyak bicara mengenai pemeriksaannya hari ini dan hanya membantah ikut menerima uang korupsi tukin ASN di Kementerian ESDM.

Baca juga:  KPK Menetapkan Sekretaris Mahkamah Agung sebagai Tersangka dalam Kasus Suap Hakim Agung

KPK telah menetapkan 10 orang sebagai tersangka dalam kasus ini, namun belum memerinci identitas para tersangka tersebut. Direktur Penyidikan KPK, Asep Guntur, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan penggeledahan di sejumlah kediaman tersangka untuk mencari bukti-bukti terkait slip gaji dan lain-lain.

Kasus korupsi pemotongan tunjangan kinerja ASN di Kementerian ESDM ini masih dalam tahap penyidikan oleh KPK. Semoga kasus ini dapat segera terungkap dan para pelaku dapat diadili sesuai dengan hukum yang berlaku.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait