website statistics
27.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

27.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 18:43:26 WIB

Dishub Depok Siap Buka Pendaftaran Program Mudik Gratis Tahun 2023

Depok | detikNews – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Jawa Barat memberikan kesempatan kepada warga untuk mendaftar program mudik lebaran gratis tahun 2023/1444 H.

Program ini dapat diikuti oleh warga yang berdomisili di Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok dengan melakukan pendaftaran di Terminal Gedoran Depok Margonda.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Depok, Anton Tofani Muharram mengatakan bahwa petugas sudah mulai menerima pendaftaran untuk program mudik gratis ke 28 Kabupaten/Kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, maupun Sumatera Selatan (Lampung dan Palembang).

Baca juga:  Satgas DPUPR Kota Depok Turun Tangan Atasi Longsor di Sempadan Kali Cabang Tengah

“Program mudik lebaran gratis ini, peserta mudik akan diberangkatkan dengan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dari Terminal Tipe A Jatijajar, Jalan Raya Bogor, Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos pada tanggal 18 April 2023 pada pukul 10.00 WIB, ” ujarnya di kutip mediaindonesia.com, Kamis, 09/03/2023.

Setelah selesai merayakan Idul Fitri 1444 H, lanjut Anton, peserta mudik gratis yang hendak balik ke Kota Depok juga akan disiapkan bus. Mereka berangkat dari 8 Kabupaten/Kota, yakni, Cirebon, Surabaya, Semarang, Solo, Wonogiri, Puwokerto, dan Yogyakarta.

Baca juga:  Inovatif! Mahasiswa KKN UNDIP Membuat Olahan Pangan Salad Wrap yang Memanfaatkan Selada Hidroponik UMKM Seikat di Pedurungan Tengah

Selain untuk orang, Dishub juga menerima pendaftaran untuk motor gratis dan pusat pendaftaran motor juga berada di lokasi yang sama, jelasnya.

Menurut Anton, program mudik lebaran gratis bertujuan untuk menekan angka kecelakaan pengendara motor saat mudik dengan berbagai alasan seperti lelah atau mengantuk saat di perjalanan.

Pelaksanaan mudik gratis dibagi dua gelombang, yakni arus mudik dan arus balik.

Anton juga berharap bahwa program mudik gratis ini dapat meringankan beban masyarakat Kota Depok yang membutuhkan.

Baca juga:  DPC AWPI Pemalang menggelar Talk Show "Peran Diskominfo Dan Media Online Sebagai Penyeimbang Kondusifitas Daerah"

Sementara itu, Kepala Terminal Tipe A Jatijajar, Asri Immanuel Sinuraya mengatakan bahwa peserta mudik gratis pada tahun 2023 diperkirakan akan lebih banyak dibandingkan dengan tahun 2022. Pada tahun 2022, Dishub telah melayani 3.600 penumpang dengan diangkut menggunakan 136 bus AKAP dari Terminal Tipe A Jatijajar.

Asri menambahkan bahwa pihaknya akan meningkatkan pelayanan fasilitas publik khususnya di Terminal Tipe A Jatijajar guna memberikan kenyamanan bagi masyarakat saat melakukan perjalanan mudik. (Emy)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait