website statistics
24.4 C
Indonesia
Wed, 24 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Wednesday, 24 April 2024 | 10:10:49 WIB

DLH Sukabumi Adakan Sosialisasi Program Adiwiyata untuk Meningkatkan Kesadaran Lingkungan di Sekolah-sekolah Dasar dan Menengah

Sukabumi | detikNews – Pada tanggal 13 Maret 2023, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Sukabumi menggelar sosialisasi Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS). Sosialisasi ini dihadiri oleh para Kepala SD dan SMP, dan diresmikan oleh Wali Kota Achmad Fahmi di Kantor Disdikbud.

Dalam sambutannya, Wali Kota mengungkapkan pentingnya memberikan kesadaran dan membiasakan para siswa untuk melakukan upaya penghematan energi, mengelola sampah dengan baik, dan melakukan gerakan penghijauan. Diharapkan melalui seringnya mendapatkan edukasi, para siswa akan memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

Baca juga:  Konsep Satu Atap dan Ramah Lingkungan, Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Sekolah Baru di Kelurahan Kencana

Sementara itu, Kepala DLH, Asep Irawan, mengatakan bahwa sosialisasi ini mengangkat topik utama mengenai program Adiwiyata dengan narasumber dari DLH Provinsi Jawa Barat. Ia menegaskan bahwa program tersebut tidak hanya mencari prestasi, namun fokusnya adalah menanamkan nilai-nilai kepedulian terhadap lingkungan dan memberikan semangat kepada para pelajar dalam menghadapi tantangan di bidang lingkungan hidup.

Asep berharap setelah sosialisasi, semakin banyak sekolah yang menjadi sekolah adiwiyata dengan memenuhi 29 aspek yang ditetapkan. Melalui implementasi program ini di setiap sekolah, kesadaran dan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan akan terbangun di masyarakat sesuai dengan tujuan Adiwiyata.

Baca juga:  Lomba Bercerita Bunda Literasi Bogor: Kecamatan Utara yang Memikat Hati Juri

“Tujuan hakiki dari program Adiwiyata adalah memberikan semangat kepada masyarakat, dalam hal ini kepada pelajar, untuk sama-sama menghadapi tantangan kedepan dalam bidang lingkungan hidup, baik tantangan global, nasional maupun lokal. Ada berbagai macam isu lingkungan yang harus kita sikapi, dan secara turun-temurun isu tersebut harus diinformasikan kepada generasi berikutnya,” ungkap Asep.

Sosialisasi Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) yang diadakan oleh DLH Kota Sukabumi bekerja sama dengan Disdikbud Kota Sukabumi pada 13 Maret 2023 di Kantor Disdikbud diikuti oleh para Kepala SD dan SMP dan dibuka oleh Wali Kota Achmad Fahmi.

Baca juga:  H. Bambang Sutopo Soroti Pendidikan di Kota Depok, Berikut Ulasannya

Melalui sosialisasi ini, para siswa akan dibiasakan untuk melakukan upaya penghematan energi, mengelola sampah dengan baik, dan melakukan gerakan penghijauan. Selain itu, sosialisasi ini juga membahas program Adiwiyata dengan narasumber dari DLH Provinsi Jawa Barat. Tujuan dari program Adiwiyata adalah menanamkan nilai-nilai kepedulian terhadap lingkungan dan memberikan semangat kepada para pelajar dalam menghadapi tantangan di bidang lingkungan hidup. Asep Irawan, Kepala DLH, berharap program ini akan membantu meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan di masyarakat. (AZ)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait