website statistics
24.4 C
Indonesia
Wed, 24 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Wednesday, 24 April 2024 | 10:27:59 WIB

Dua Kali Pecahkan Rekor MURI, Festival Rujak Uleg Kembali Digelar

Reporter: Okik

Surabaya | detikNews – Minggu petang.(22/5/2022). Ratusan warga turun ke jalan kembang jepun untuk memeriahkan festival rujak uleg 2022, yang diselenggarakan oleh Pemerintahan Kota Surabaya dalam rangka memeriahkan hari jadi kota Surabaya yang ke-729. Festival Rujak Uleg ini merupakan gelaran ke-15 an sejak tahun 2007. Festival ini juga sudah dua kali memecahkan rekor MURI untuk kategori pembuat rujak uleg terbanyak.

Meskipun digelar setiap tahun, Festival Rujak Uleg ini tetap mampu menjadi magnet yang menarik animo warga Surabaya dan kota-kota sekitarnya.
Hadir dalam pembukaan acara Festival Rujak Uleg 2022 yaitu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.Walikota dan Kapolrestabes Surabaya bersama dengan konsulat jenderal negara sahabat beserta mahasiswa asing yang ditandai dengan prosesi “nguleg rujak bareng”.
Dalam momen itu Gubernur Khofifah mengatakan” tradisi Festival Rujak Uleg ini bukan hanya mencari peserta yang bisa membuat rujak paling enak, tetapi juga adu kreativitas antar peserta lewat tampilan kostum.Acara yang sudah dipatenkan ini pada gelaran berikutnya, akan terus dilakukan pembenahan dengan berbagai tema yang lebih menarik.Hasil pantauan detikNews, peserta yang berpartisipasi dalam acara ini sebanyak 700 peserta.Untuk kategori peserta, Festival Rujak Uleg ini terbagi menjadi dua kategori. Yaitu kategori umum dan kategori UMKM. Dari total peserta, sebanyak 700 dan 50 diantaranya adalah grup peserta dari kategori UMKM.
Untuk peserta dari kategori umum adalah kelompok dari 31 kecamatan dan 154 Kelurahan di Surabaya dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkot Surabaya, perwakilan BUMD, perbankan, komunitas ekspatriat dan juga komunitas masyarakat di Surabaya.

Baca juga:  Wajah Baru General Manager PSIP Junior Tahun 2022 "Menjanjikan Manajemen Yang Sehat, Demi Prestasi Sepakbola Pemalang Yang Lebih Gemilang"

Para peserta nguleg rujak berbarengan. Namun tak hanya nguleg saja, mereka juga berdendang,bergoyang, berjoged dengan mengenakan pakaian dan kostum yang unik termasuk peserta dari Kelurahan Sidotopo Kecamatan Semampir yang didampingi Oleh Bapak AF. Fajar Febriansah,” Selaku Lurah Sidotopo.

Fajar, mengatakan” antusias utusan tim Rujak Uleg pada Festival Rujek Uleg tahun 2022 dari Sidotopo ini memberikan bukti empiris masyarakat kota pahlawan yang perlu mendapatkan apresiasi. Semangat dan kekompakannya perlu diacungi jempol, sangat mendukung perfom dalam tampilan kostum dan tata letak Uborampe maupun Empon – Empon. Sajian menu rujak uleg diatas meja semakin terlihat serasi nan cantik. Sehingga tim juri nampak terlihat terpesona, selamat, sukses semoga membawa hasil,” jelasnya. (okik)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait